Lunggi Journal
Vol. 2 No. 2 (2024): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V DAN VI DI SDN 10 SANGE TEBAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Sari, Yolanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1) Minat membaca siswa kelas V dan VI di SDN 10 Sange Tebat Tahun Pelajaran 2020/2021; 2) Prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V dan VI di SDN 10 Sange tebat Tahun Pelajaran 2020/2021; 3) Signifikansi pengaruh minat membaca terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V dan VI di SDN 10 Sange Tebat Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian assosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, dan teknik studi dokumenter. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linear sederhana dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat membaca siswa kelas V dan VI di SDN 10 Sange Tebat tahun pelajaran 2020/2021 pada kategori “rendah” sebanyak 15%, pada kategori“cukup” sebanyak 77%, dan pada kategori “tinggi” sebanyak 8%. Artinya, Sebagian besar minat membaca siswa berada pada kategori “cukup”; 2) Prestasi belajar Bahasa Indonesia Kelas V dan VI di SDN 10 Sange Tebat Tahun Pelajaran 2020/2021 pada kategori “rendah” sebanyak 8%, pada kategori “cukup” sebanyak 73%, dan pada kategori “tinggi” sebanyak 19%. Artinya, sebagian besar prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa berada pada kategori “cukup”; 3) Minat membaca berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V dan VI di SDN 10 Sange Tebat Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan hasil uji t sebesar 2,140 dan nilai sig 0,038.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...