Al Jahiz: Journal of Biology Education Research
Vol 1 No 1 (2020): Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, January-June 2020

Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Carolina, Hifni Septina (Unknown)
Dewi, Asih Fitriana (Unknown)
Sari, Tika Mayang (Unknown)
Alpiah, Alpiah (Unknown)
Hakim, Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terpimpin terhadap kemampuan berpikir kritis. Desain penelitian adalah group pretest-posttest non equivalen. Data penelitian diperoleh dari pretes dan postes pada setiap pertemuan, dihitung dengan rumus N- skor gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terpimpin dengan skor gain 62, 23 lebih tinggi dibanding tanpa model inkuiri terpimpin 41, 03. Berati bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inkuiri terpimpin lebih tinggi daripada kelas yang pembelajarannya menggunakan model diskusi kelompok. Kata kunci: model pembelajaran, inkuiri terpimpin, kemampuan berpikir kritis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Al-Jahiz

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al Jahiz: Journal of Biology Education Research. Receives and publishes scientific articles from research in the field of biology education and the use of biological research in learning. Special emphasis is as follows: (1) Research on Biology / Science Learning at all levels of education. (2) Pure ...