Jurnal Kesmas Asclepius
Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Kesmas Asclepius

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

S, Buenita (Unknown)
Siahaan, Perry Boy Chandra (Unknown)
Safitri, Nina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di UPT Puskesmas Rengas Pulau Kota Medan Tahun 2023. Metode penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan explanatory. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang terdaftar sebagai anggota BPJS di UPT Puskesmas Rengas Pulau di tahun 2022. Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 orang. Hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara sarana prasarana (p-value= 0.001), kehandalan (p-value= 0.000), daya tanggap (p-value= 0.008), jaminan (p-value= 0.009), empati (p-value= 0.003) dengan kepuasan pasien peserta BPJS di PT Puskesmas Rengas Pulau Kota Medan Tahun 2023. Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan sarana prasarana, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dengan kepuasan pasien dan variabel empati adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Rengas Pulau Kota Medan Tahun 2023 Kata Kunci: Daya Tanggap, Empati, Jaminan, Kehandalan, Kepuasan Pasien, Sarana Prasarana.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKA

Publisher

Subject

Description

Jurnal Kesmas Asclepius (JKA) focus pada bidang ilmu kesehatan masyarakat dengan scope meliputi; Biostatistik, Epidemiologi, Informatika Kesehatan, Kesehatan Reproduksi, Manajemen Asuransi Kesehatan, Manajemen Informasi Kesehatan, Manajemen Pelayanan Kesehatan, Manajemen Rumah Sakit, Promosi ...