Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui implementasi pembelajaran akhlaq dan ibadah anak melalui metode keteladanan di PAUD Al Muhsin Metro, bagaimana implementasi dan faktor yang mempengaruhinya. Era globalisasi semakin berkembang, kini guru mempunyai peran dan partisipasi penting dalam proses pembentukan nilai akhlaq dan ibadah. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan oleh seorang guru dalam meningkatkan ghirah anak-anak dalam membentuk akhlak dan ibadah yaitu dengan membangun pembiasaan sebagai metode dalam pembentukkan nilai ibadah dan akhlak anak. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu menganalisis, menggambarkan dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan dalam bentuk wawancara atau pengamatan mengenai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menujukan bahwa nilai yang diterapkan PAUD Al Muhsin dalam pembelajaran ada 3 nilai akhlak dan ibadah yang merupakan sebagai metode pembiasaan dalam implementasi pendidikan akhlak dan ibadah di PAUD Al-Muhsin yaitu akhlak dan ibadah terhadap Allah, akhlak dan ibadah terhadap sesama manusia dan akhlak dan ibadah terhadap lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa: pembentukan akhlak dan ibadah mampu menghasilkan orang-orang bermoral, sedari usia dini, laki-laki maupun perempuan, jiwa bersih, cita-cita yang benar dan ahlak yang tinggi, mengetahui kewajiban dan pelaksanaan.
Copyrights © 2023