Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Vol. 2 No. 2 (2023): AGUSTUS

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA FLASH CARD KOBER HIDAYAH INDRA PUTRI SUBING TERBANGGIBESAR

Ningrum, Febriani Kurnia (Unknown)
Tisnawati, Nina (Unknown)
Firdausyi, Annisa Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Indonesia serta mengetahui penerapan melalui media flash card kosa kata bahasa indonesia. Permasalahan adalah mencermati kondisi kegiatan membaca, berkomunikasi dan menulis karena itu guru memerlukan cara yang baik dan menarik untuk menyelesaikan yaitu salah satunya adalah flash card yang di sertai dengan gambar dan tulisan yang sesuai untuk anak usia 3–6 tahun. Metode Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa berjumlah 23 anak, terdiri dari 19 anak laki-laki dan 4 anak perempuan serta guru yang juga sebagai peneliti. Hasil penelitian dianalisis dengan Penilaian Performance dan Penilaian Ketuntasan Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Meningkatnya presentase keterampilan perbendaharaan kata siswa melalui metode flash card anak usia dini, Siswa dinyatakan tuntas secara individual jika mendapatkan nilai rata–rata minimal 75. Sedangkan keberhasilan kelas ditetapkan sebesar 75%. Artinya berdasarkan evaluasi, diperoleh hasil belajar minimal 75% siswa berhasil secara individual indikator keberhasilan di siklus I mencapai 65,21% cukup baik dan siklus II 82,60% baik. Oleh sebab itu hendaknya aktivitas bermain menggunakan media flash card dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di PAUD, terutama dalam memperluas penguasaan perbendaharaan kata.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

thufulah

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and ...