Penelitian ini meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Indonesia serta mengetahui penerapan melalui media flash card kosa kata bahasa indonesia. Permasalahan adalah mencermati kondisi kegiatan membaca, berkomunikasi dan menulis karena itu guru memerlukan cara yang baik dan menarik untuk menyelesaikan yaitu salah satunya adalah flash card yang di sertai dengan gambar dan tulisan yang sesuai untuk anak usia 3–6 tahun. Metode Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa berjumlah 23 anak, terdiri dari 19 anak laki-laki dan 4 anak perempuan serta guru yang juga sebagai peneliti. Hasil penelitian dianalisis dengan Penilaian Performance dan Penilaian Ketuntasan Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Meningkatnya presentase keterampilan perbendaharaan kata siswa melalui metode flash card anak usia dini, Siswa dinyatakan tuntas secara individual jika mendapatkan nilai rata–rata minimal 75. Sedangkan keberhasilan kelas ditetapkan sebesar 75%. Artinya berdasarkan evaluasi, diperoleh hasil belajar minimal 75% siswa berhasil secara individual indikator keberhasilan di siklus I mencapai 65,21% cukup baik dan siklus II 82,60% baik. Oleh sebab itu hendaknya aktivitas bermain menggunakan media flash card dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di PAUD, terutama dalam memperluas penguasaan perbendaharaan kata.
Copyrights © 2023