Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan media tabung angka dan untuk mengetahui penerapan tabung angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK ABA Way Bungur. Masalah yang sering muncul didalam pembelajaran berhitung khususnya pada anak usia dini antara lain kurang berminatnya anak dalam kegiatan berhitung, sehingga kemampuan berhitung pada diri anak masih belum berkembang dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pelaksanaan siklus II merupakan kelanjutan dan perbaikan dari siklus I. Setiap siklus terdiri empat tahap yakni perencanaan pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada.Hasil penelitian pada siklus I mengalami peningkatan, siswa yang tuntas 2 menjadi 12 dan yang tidak tuntas 8, nilai rata –rata yang diperoleh 70,25 namun skor masih dibawah skor minimum 75. Siklus II merupakan perbaikan dari siklus I, pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa, siswa yang tuntas 19 anak dan yang tidak tuntas 1 anak,hasil rata-rata yang didapatkan adalah 77,05. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan bahwa media tabung angka efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas A di TK ABA Way Bungur.
Copyrights © 2023