Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Vol. 3 No. 1 (2024): FEBRUARI

INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP PERUBAHAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK ABA SUKAJAWA LAMPUNG TENGAH

Baity Nisrina Salsabila (Unknown)
Nina Tisnawati (Unknown)
Firdausyi, Annisa Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Indonesia merupakan bangsa majemuk, bangsa yang terdiri dari berbagai suku, agama dan bahasa. Kemajemukan ini tentu saja mengakibatkan banyaknya perbedaan seperti budaya, adat Istiadat,ras,suku,kebiasaan.Perbedaan tentu saja menyebabkan perpecahan yang memberikan dampak pada perkembangan karater anak usia dini. Salah satu dampaknya muncul bibit radikalisme yang dialami pada anak anak khususnya seperti rasis dan bullying terhadap teman atau kelompok yang dianggap berbeda oleh mereka. Oleh karena itu mengingat pentingnya pemahaman mengenai keberagaman budaya di Indonesia,maka pendidikan multikultural perlu diinternalisasikan dijiwa masyarakat. Salah satu yang dapat dilakukan adalah memberikan pendidikan multikultural sejak awal kepada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi,dokumentasi. Kemudian menggunakan analisis deskriptif yang respondennya merupakan kepala sekolah,guru,wali murid,20 peserta didik diantaranya bersuku lampung dan banten. Hasil penelitian yang dilakukan di TK ABA Sukajawa yaitu terdapat dua program dalam internalisasi pendikan multikutural yaitu1) Program pengembangan diri, yakni terdapat empat kegiatan yaitu: kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian.2).Pengintegrasian dalam mata pelajaran yakni: pendidikan multikultual yang diberikan menimbulkan perubahan pada aspek keterbukaan, pada siswa bersuku Lampung mengalami peningkatan 90%, bersuku Jawa mengalami peningkatan 80%. Aspek Empati, siswa bersuku Lampung mengalami peningkatan 80%, bersuku Jawa mengalami peningkatan 90%. Aspek toleransi juga mengalami perubahan, dengan siswa bersuku Lampung meningkat 80%, dan bersuku Jawa meningkat 60%, aspek kerjasama, siswa bersuku Lampung mengalami peningkatan 90%, bersuku Jawa mengalami peningkatan 90%. Sehingga dapat disimpulkan pendidikan multikultural memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan keterbukaan, empati, toleransi, dan kerjasama pada anak usia dini. Kata kunci: Internalisasi, Pendidikan Multikultural

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

thufulah

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and ...