Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa kelas 3 pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi dongeng di SDN Duri Kepa 17 Pagi. Tujuan penelitian ini adalah mengobservasi penggunaan Audio Book dalam mengembangkan keterampilan membaca dongeng serta menjelaskan kelebihan dan kekurangan pengguanaan Audio Book dalam mengembangkan keterampilan membaca dongeng. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Audio Book dapat mengembangkan keterampilan membaca dongeng siswa, terutama dalam hal memahami struktur dan konten cerita. Namun, peneliti juga menemukan beberapa kekurangan penggunaan media Audio Book dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, seperti kekurangan konsenterasi yang dimana jika digunakan dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan siswa hilang fokus dan kekurangan teknologi yang dimana tidak semua siswa memiliki gadget untuk mengakses Audio Book tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan bahwa guru harus lebih kreatif dalam mengintegrasikan Audio Book ke dalam struktur pembelajaran formal dan memperhatikan kebutuhan teknis yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan Audio Book dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap literatur pendidikan dan memberikan panduan praktis bagi guru dan pengambil kebijakan pendidikan dalam mengoptimalkan penggunaan media Audio Book sebagai sarana pembelajaran yang inovatif.
Copyrights © 2024