Education and Social Sciences Review
Vol 4, No 2 (2023): Education and Social Sciences Review

Analisis peran guru dan orang tua dalam memotivasi siswa belajar di sekolah dasar jaya suti abadi

Stefanny, Berliana (Unknown)
Susanto, Ratnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa kelas VA di SD Jaya Suti Abadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa peran guru dalam memotivasi belajar siswa, diantara lain: 1) guru dan orang tua sebagai fasilitator, guru dan orang tua membimbing dan mendampingi siswa yang kesulitan belajar. 2) guru berupaya berkomunikasi dengan siswa secara menyenangkan dan membuat hubungan baik dengan orang tua. 3) guru dan orang tua sebagai motivator, guru dan orang tua telah menanamkan rasa semangat dan memberikan motivasi melalui berbagai cara, antara lain dengan bermain dan bernyanyi saat pembelajaran, memberikan nasehat dan pujian, serta memberikan hukuman kepada siswa dengan peringatan jika tidak disiplin. Guru dan orang tua diharapkan memperhatikan pendidikan siswa, yaitu dengan menjadi panutan, cerminan siswa, fasilitator, dan motivator. Bentuk motivasi yang dapat diberikan guru dan orang tua siswa seperti pujian, gerak tubuh dan hukuman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

essr

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Education and Social Sciences Review ISSN 2720-8915 (Print), ISSN 2720-8923 (Electronic) is an international, peer-reviewed journal and scientific journal publish by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. Educational Opinion and Social Sciences Review a multi-disciplinary, ...