POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus 2023

IMPLEMENTASI MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA PASCA COVID DI SMAN 1 PURBOLINGGO

rubiatun, Rubiatun (Unknown)
andayani, sutrisni (Unknown)
dacholfany, m ihsan (Unknown)
harjoko, harjoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

Teknologi Informasi saat ini sudah berlari sedemikian cepatnya. Banyak alternatif-alternatif baru tercipta di era disruptive ini, dimana siapapun yang tidak bergerak dengan cepat terhadap perubahan teknologi maka dia akan tertinggal. Begitu juga dalam hal teknologi pembelajaran di sekolah-sekolah saat ini, teknik yang digunakan semakin beragam dan tekno oriented yang dikenal dengan istilah E-Learning. Beberapa teknologi pembelajaran yang terkait e-learning juga mulai dikembangkan untuk memaksimalkan pembelajaran yang mengalami keterbatasan waktu dalam penyampaian materi, dan kebosanan dalam belajar di berbagai lembaga pendidikan yang belum dimanfaatkan dengan maksimal.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Penggunaan Google classroom dalam peningkatan Mutu Pembelajaran di SMAN 1 Purbolinggo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penyebaran angket dan melakukan wawancara terhadap Guru dan Siswa. Peneliti melakukan penyebaran angket terhadap responden dalam mengukur Validitas dan Relibitas variabel X dan Y. untuk Variabel X diperoleh hasil sebesar 0,919 > 0,80 dengan demikian maka disimpulkan bahwa butir soal untuk variable X secara keseluruhan dinyatakan Reliabel. sedangkan untuk variable Y diperoleh hasil sebesar 0,908 > 0,80 dengan demikian Variabel Y dinyatakan reliabel. maka disimpulkan bahwa butir soal untuk variable X dan Y secara keseluruhan valid dan reliabel. Kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penggunaan Google Classroom mampu meningkatkan mutu pembelajaran yang signifikan dan dapat menumbuhkan minat belajar, serta ketertarikan siswa terhadap pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

poace

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOCUS AND SCOPE Poace is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research artikel in the scop of educational administration Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and ...