POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus 2023

PEMBERDAYAAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN BRAJA SELEBAH

indrias, novi (Unknown)
noor, marzuki (Unknown)
andayani, sutrisni (Unknown)
harjoko, harjoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Muhammadiyah Ahmad Dahlan Braja Selebah. Masalah yang dihadapi oleh tenaga administrasi sekolah yaitu kompetensi tenaga administrasi yang belum memadai, sarana dan prasarana kurang memadai, malas, tidak semangat, banyaknya beban tugas, kurang perhatian, kurang apresiasi, keluangan waktu, dan biaya. Penelitian ini diadakan untuk mendiskusikan bagaimana pemberdayaan tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Muhammadiyah Ahmad Dahlan Braja Selebah. Penelitian ini adalah menganalisis data, peneliti menggunakan aplikasi Nvivo 12 Pro. Berdasarkan paparan data dan pembahasan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa proses pemberdayaan terdiri dari tiga penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah enam orang, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Untuk tahapan yaitu tahapan penyadaran, pengkapasitasan dan pendayaan. Pemberdayaan tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Muhammadiyah Ahmad Dahlan Braja Selebah sudah berjalan dengan baik dan memberikan dampak pada mutu pendidikan walupun tidak signifikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

poace

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOCUS AND SCOPE Poace is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research artikel in the scop of educational administration Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and ...