Keuangan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap orang untuk menghindari masalah keuangan, sehingga literasi yang mengatur keuangan pribadi sangat diperlukan. Kesulitan keuangan bukan hanya akibat rendahnya pendapatan, tetapi juga dapat timbul dari kesalahan dalam pengelolaan keuangan (mis-management) seperti kesalahan penggunaan kredit dan kurangnya perencanaan keuangan. Literasi keuangan (financial literacy) yang semakin mendapatkan perhatian di banyak negara maju menunjukkan betapa pentingnya kesadaran akan keuangan. Di beberapa negara, literasi keuangan bahkan sudah menjadi program nasional. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan masih rendah di negara-negara maju, terlebih lagi di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Kondisi ini merupakan masalah serius mengingat literasi keuangan memiliki pengaruh positif terhadap inklusi dan perilaku keuangan. Untuk meningkatkan literasi keuangan, diperlukan praktik langsung serta cara pembuatan akun di media digital. Hasilnya, karyawan mampu melakukan promosi di media sosial dengan memanfaatkan digital marketing melalui platform seperti Instagram.
Copyrights © 2024