GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 8, No 2 (2024): Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Anak Usia 5-6 Tahun

Lestari, Sri Indah (Unknown)
Lubis, Zulfahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak melalui metode bercerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di RA Durul Hasanah dengan subjek berjumlah 15 anak. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan dengan empat langkah penting, yaitu Plan (perencanaan), Act (tindakan), Observe (pengamatan), dan Refleks (perenungan), yang disingkat dengan PAOR. Hasil tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa 11 dari 15 anak menunjukkan adanya perubahan. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa kedelapan anak mulai mengalami peningkatan kemampuan menyimak yang artinya kesulitan anak dalam menyimak sudah mulai berkurang. Pada siklus ini, diperoleh persentase pencapaian sebesar 73.33%. Hasil ini belum optimal jika dilihat melalui kategori dari 15 subjek penelitian karena persentase keberhasilan belum mencapai angka yang diharapkan 80%. Pada siklus II anak-anak sudah mulai memahami instruksi yang diberikan oleh peneliti dan bersemangat untuk menyimak cerita yang disampaikan peneliti dengan lebih tenang. Hal ini mempengaruhi hasil tindakan pada siklus II yang menunjukkan bahwa 13 dari 15 anak telah mengalami peningkatan kemampuan menyimak dengan persentase keberhasilan sebesar 86.67%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

golden_age

Publisher

Subject

Education

Description

This journal is managed by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program which focuses on research results related to early childhood education. This journal is published 2 (two) times a year, in June and ...