JPLED
Vol. 4 No. 3 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED)

Persepsi Warga Sekolah Tentang Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMK Negeri se-Kecamatan Padang Timur

Putri, Amanda Danissa (Unknown)
Hadiyanto (Unknown)
Rusdinal (Unknown)
Hanif Al Kadri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya persepsi warga sekolah tentang pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri Se-Kecamatan Padang Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi persepsi warga sekolah tentang pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri Se-Kecamatan Padang Timur yang ditinjau dari indikator pembelajaran pada setiap mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan ko-kurikuler, pembiasaan, dan keteladanan . Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif, yang memiliki populasi sebanyak 2.512 orang siswa, 194 orang guru, dan 49 tenaga administrasi sekolah. Sampel yang digunakan sebanyak 99 orang siswa, 64 guru dan 39 tenaga administrasi sekolah. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert dengan 48 item untuk siswa, 48 item untuk guru dan 24 item untuk tenaga administrasi sekolah. Setelah dilaksanakan uji coba dan analisis, maka 45 butir angket siswa valid, 46 butir angket guru valid, dan 24 butir angket TAS dinyatakan valid. Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil bahwa persepsi warga sekolah tentang pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri Se-Kecamatan Padang Timur pada indikator 1) pembelajaran pada setiap mata pelajaran dengan rata-rata 4,35 pada kategori BAIK, 2) kegiatan ekstrakurikuler dan ko-kurikuler dengan rata-rata 4,34 pada kategori BAIK, 3) pembiasaan dengan rata-rata 4,34 pada kategori BAIK, 4) keteladanan dengan rata-rata 4,14 yang berada pada kategori baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa persepsi warga sekolah tentang pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri Se-Kecamatan Padang Timur berada pada kategori BAIK dengan skor rata-rata keseluruhan 4.29. Dari hasil tersebut maka penelitian menyarankan agar persepsi warga sekolah tentang pelaksanaan karakter pendidikan perlu dipertahankan serta dapat ditingkatkan untuk menjadi lebih baik lagi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...