Cendikia Pendidikan
Vol. 5 No. 2 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENGUKURAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

Nastia, Ayu (Unknown)
Al-Musjan (Unknown)
Kurniawan, Fajar Dwi (Unknown)
Istiqomah, Nadhya (Unknown)
Latifa, Nurul (Unknown)
Reubun, Zulhak (Unknown)
Viratama, Ika Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Di era digital, penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam pembelajaran, atau yang dikenal dengan pembelajaran berbasis ICT, menawarkan banyak peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk dalam hal pengukuran dan evaluasi. Artikel ini membahas tentang konsep pengukuran dan evaluasi dalam pembelajaran, integrasi ICT dalam pengukuran dan evaluasi pembelajaran, dan tantangan penerapan ICT dalam pembelajaran. Namun, penerapan ICT dalam pengukuran dan evaluasi pembelajaran juga menghadirkan beberapa tantangan, seperti akses dan infrastruktur, keamanan dan privasi data, desain dan pengembangan alat ukur yang efektif, integrasi dengan kurikulum dan pembelajaran, dukungan dan pengembangan profesional, serta perubahan budaya dan pola pikir. Artikel ini menyimpulkan bahwa penerapan ICT dalam pengukuran dan evaluasi pembelajaran memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, penting untuk menyadari dan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi untuk memastikan bahwa ICT digunakan secara efektif dan bertanggung jawab dalam mendukung proses belajar mengajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...