Cendikia Pendidikan
Vol. 6 No. 3 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMKN 1 PANGKATAN

Tobing, Khuzaimah (Unknown)
Fauzi Ahmad Syawaluddin (Unknown)
Basyarul Ulya Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

ABSTRAKTujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode Problem Based Learning terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam Pada siswa SMK Negeri 1 Pangkatan Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Pangkatan Provinsi Sumatera Utara yang berjumlah 6 kelas yang terdiri dari Audio Video, Teknik Kenderaan Ringan 1, Teknik Kenderaan Ringan 2, Teknik Komputer Jaringan 1, Teknik Komputer Jaringan 2, dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Dengan jumlah seluruh siswa 203 orang. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X SMK Negeri 1 Pangkatan Provinsi Sumatera Utara yang dijadikan sebagai kelas penelitian, yaitu kelas Teknik Komputer Jaringan 1 berjumlah 36 orang siswa, terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 29 orang siswa perempuan. Hasil penelitian ada pengaruh metode problem based learning terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam pada peserta didik SMK Negeri 1 Pangkatan terbukti. Metode problem based learning memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam sebesar 40,2%. Secara otomatis Hipotesis nol (Ho) Tidak ada pengaruh metode problem based learning terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam pada peserta didik SMK Negeri 1 Pangkatan di tolak. Hal ini bermakna bahwa penerapan Metode problem based learning memberi pengaruh yang positif. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the effect of the Problem Based Learning method on Islamic religious education learning outcomes for students of SMK Negeri 1 Pangkatan in the 2023/2024 Academic Year. The research population was all students of class X of SMK Negeri 1 Pangkatan, North Sumatra Province, totaling 6 classes consisting of Audio Video, Light Vehicle Engineering 1, Light Vehicle Engineering 2, Computer Network Engineering 1, Computer Network Engineering 2, and Electrical Power Installation Engineering. With a total of 203 students. The research sample was class X students of SMK Negeri 1 Pangkatan, North Sumatra Province which was used as a research class, namely the Computer Network Engineering 1 class totaling 36 students, consisting of 7 male students and 29 female students. The results of the study showed that the influence of the problem-based learning method on the learning outcomes of Islamic religious education in students of SMK Negeri 1 Pangkatan was proven. The problem-based learning method has a positive influence on the learning outcomes of Islamic religious education by 40.2%. Automatically, the null hypothesis (Ho) There is no influence of the problem-based learning method on the learning outcomes of Islamic religious education in students of SMK Negeri 1 Pangkatan is rejected. This means that the application of the problem-based learning method has a positive influence. Keywords: Problem Based Learning, Islamic Religious Education Learning Outcomes

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...