Cendikia Pendidikan
Vol. 6 No. 4 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MAS AL WASHLIYAH MARBAU

Jaya, Indra Pratama (Unknown)
Maisaroh Ritonga (Unknown)
Basyarul Ulya Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MAS Al Washliyah Marbau, baik secara Tes maupun Non Tes. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru di MAS Al Washliyah Marbau, Penelitian ini dilakukan di Di MAS Al Washliyah Marbau dengan tujuan untuk mengetahui 1) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Untuk mengetahui Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MAS Al Washliyah Marbau. 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung yang ditemui Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MAS Al Washliyah Marbau. 3) solusi yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAS AL Washliyah Marbau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dilakukan dengan mengamati sekolah dan lingkungan sekolah yang berkaitan dengan Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Metode wawancara yang dilakukan yaitu wawancara terencana-tidak terstruktur. Metode yang terakhir yaitu dokumentasi berupa dokumen, file sekolah, foto dan data-data lainnya. Kemudian teknik dalam menganalisis data pada penelitian ini menggunakan triangulasi.Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, Kepala Sekolah melakukan Kelompok Kerja Guru (KKG), mengadakan pelatihan (Diklat), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan mengikut sertakan para guru dalam Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme guru Di MAS Al Washliyah MarbauKata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru. ABSTRACTThis research aims to determine the Principal's Strategy in Increasing Teacher Professionalism at MAS Al Washliyah Marbau, both through tests and non-tests. The population in this study were teachers at MAS Al Washliyah Marbau. This research was conducted at MAS Al Washliyah Marbau with the aim of finding out 1) The Principal's Strategy for Improving. To find out the Principal's Strategy for Increasing Teacher Professionalism at MAS Al Washliyah Marbau . 2) What are the inhibiting and supporting factors encountered by the Principal in Increasing Teacher Professionalism at MAS Al Washliyah Marbau. 3) solutions implemented by the Principal in increasing the professionalism of teachers at MAS AL Washliyah Marbau. ‎This research uses descriptive qualitative research methods. The data collection techniques used in this research are observation, interviews and documentation. The observation method is carried out by observing the school and the school environment in relation to the Principal's Strategy for Increasing Teacher Professionalism. The interview method used was a planned-unstructured interview. The final method is documentation in the form of documents, school files, photos and other data. Then the technique for analyzing data in this research uses triangulationFrom the explanation above, it can be concluded that the Principal's Efforts to Improve Teacher Professionalism, the School Principal conducts Teacher Working Groups (KKG), holds training (Diklat), Subject Teacher Conferences (MGMP) and involves teachers in the Principal's Efforts to Increase Professionalism teacher at MAS Al Washliyah Marbau.Keywords: Principal Strategy, Teacher Professionalism.‎

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...