Cendikia Pendidikan
Vol. 6 No. 4 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PEMANFAATAN METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMK N 1 PANGKATAN

Fattah, M. Rofiul Fattah Str (Unknown)
Betti Megawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pemanfaatan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pai Di Smk N 1 Pangkatan, baik secara Tes maupun Non Tes. Populasi dalam penelitian ini adalah para Siswa Kelas X SMA Negeri I Pangkatan, Penelitian ini dilakukan di Di Smk N 1 Pangkatan dengan tujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran tipe jigsaw dalam pembelajaran pendidikan agam islam Di Smk N 1 Pangkatan. 2)Implementasi Program Pembelajaran Metode Jingsaw dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Pangkatan. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat proses implementasi model pembelajaran tipe jigsaw dalam pembelajaran pendidikan agam islam Di Smk N 1 Pangkatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dilakukan dengan mengamati sekolah dan lingkungan sekolah yang berkaitan dengan implementasi model pembelajaran tipe jigsaw dalam pembelajaran pendidikan agam islam. Metode wawancara yang dilakukan yaitu wawancara terencana-tidak terstruktur. Metode yang terakhir yaitu dokumentasi berupa dokumen, file sekolah, foto dan data-data lainnya. Kemudian teknik dalam menganalisis data pada penelitian ini menggunakan triangulasi.Kata Kunci: Metode Jigsaw, Efektivitas Pembelajaran Pai ABSTRACTThis research aims to determine the use of the Jigsaw Method in increasing the effectiveness of pai learning at SMK N 1 Pangkatan, both in tests and non-tests. The population in this study were Class X students of SMA Negeri I Pangkatan. This research was conducted at Smk N 1 Pangkatan with the aim of finding out 1) How the jigsaw type learning model is implemented in learning Islamic religious education at Smk N 1 Pangkatan. ‎‎2) Implementation of the Jingsaw Method Learning Program in Improving Islamic Religious Education at SMK N 1 Pangkatan. 3) What are the supporting and inhibiting factors in the process of implementing the jigsaw type learning model in Islamic religious education learning at SMK N 1 Pangkatan. ‎This research uses descriptive qualitative research methods. The data collection techniques used in this research are observation, interviews and documentation. The observation method is carried out by observing the school and the school environment related to the implementation of the jigsaw type learning model in Islamic religious education learning. The interview method used was a planned-unstructured interview. The final method is documentation in the form of documents, school files, photos and other data. Then the technique for analyzing data in this research uses triangulation.Keywords: Jigsaw Method, Pie Learning Effectiveness

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...