Cendikia Pendidikan
Vol. 6 No. 10 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 SUB TEMA 3 DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR CONCEPT MAPPING DI KELAS V SDN 107420 DESA TENGAH

Nurmawati, Nurmawati (Unknown)
Herdyana, Thessa (Unknown)
Hidayat, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS dengan menggunakan Strategi Belajar Concept Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 107420 Desa Tengah dengan objek penelitian minat belajar siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Observasi dilakukan untuk guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 24 siswa hanya 3 orang siswa (12,5%) yang berminat pada pelajaran IPS, dan 21 orang siswa (87,5%) masih belum berminat. Berdasarkan hasil angket awal maka peneliti melakukan tindakan dengan menggunakan Strategi belajar Concept Mapping pada siklus I pertemuan pertama didapatkan hasil observasi siswa sebesar 51,53%, pada pertemuan kedua siklus I didapat hasil observasi siswa sebesar 53,98% dari kedua hasil observasi tersebut didapat nilai rata-rata sebesar 52,75% dan tergolong rendah. Selain observasi siswa, observasi guru juga dilakukan pada siklus I dan di peroleh nilai sebesar 68,11% pada pertemuan pertama, 75,36% pada pertemuan kedua, dari kedua hasil observasi guru tersebut didapat rata-rata observasi sebesar 71,73% dan tergolong cukup baik. Berdasarkan dari data pada siklus I masih didapat nilai yang kurang baik sehingga peneliti melanjutkan tindakan siklus II.Pada pertemuan pertama di siklus II diperoleh hasil observasi siswa sebesar 87,43% dan pada pertemuan kedua diperoleh hasil observasi siswa sebesar 95,28%, dari kedua hasil observasi tersebut maka didapatkan hasil rata-rata observasi siswa sebesar 91,35% dan tergolong sangat tinggi. Hasil observasi guru pada siklus II pertemuan pertama diperoleh hasil sebesar 88,4% dan 97,1% pada pertemuan kedua dari data tersebut diperoleh nilai rata-rata observasi guru sebesar 92,75% dan tergolong sangat tinggi. Setelah berakhirnya tindakan siklus I dan siklus II, peneliti kembali memberikan angket minat belajar siswa dan diperoleh hasil yaitu dari 24 orang siswa terdapat 21 orang siswa (87,5%) termasuk dalam kategori berminat dan sangat berminat, sedangkan 3 orang siswa (12,5%) masih tergolong dalam kategori tidak dan kurang berminat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi belajar Concept Mapping dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah di kelas V SDN 107420 Desa Tengah The problem in this study is the low student interest in social studies. The purpose of this study is to increase student interest in social studies using Concept Mapping Learning Strategies. This type of research is classroom action research, which consists of 4 stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The subjects in this study were fifth grade students of SDN 107420 Desa Tengah Village with the object of research being students' interest. Data collection in this study using a questionnaire and observation.Observations were made for teachers and students. Based on the results of the study it can be concluded that of the 24 students only 3 students (12.5%) were interested in social studies, and 21 students (87.5%) were still not interested. Based on the results of the initial questionnaire, the researchers took action using the Concept Mapping learning strategy in the first cycle of the first meeting obtained student observation results of 51.53%, the second meeting of the first cycle obtained student observation results of 53.98% of the two observations obtained values an average of 52.75% and relatively low. In addition to student observations, teacher observations were also made in the first cycle and obtained a value of 68.11% at the first meeting, 75.36% at the second meeting, from the two teacher observations obtained an average observation of 71.73% and quite sufficient well.Based on the data in the first cycle, the value is still not good enough so that researchers continue the cycle II action. At the first meeting in the second cycle students' observation results obtained by 87.43% and the second meeting obtained student observation results of 95.28%, from the second observation results obtained an average student observation of 91.35% and classified as very high. The results of teacher observation in the second cycle of the first meeting obtained results of 88.4% and 97.1% in the second meeting of the data obtained an average value of teacher observation of 92.75% and is classified as very high. After the end of the action cycle I and cycle II, the researcher returned the questionnaire to students' interest in learning and obtained results from 24 students that there were 21 students (87.5%) included in the category of interested and very interested, while 3 students (12.5 %) still classified in the category of no and less interested. Thus it can be concluded that the Concept Mapping learning strategy can increase student interest in social studies subject matter struggle against invaders in class V SDN 107420 Desa Tengah Village.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...