Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 7 No 1 (2023): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Teks Eksplanasi untuk Mengukur Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V

Pratama, Nazarudin (Unknown)
Pandra, Viktor (Unknown)
Roslina, Elya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 59 Lubuklinggau. Metode penelitian ini adalah pre eksperimental, dengan desain yang digunakan adalah one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 59 Lubuklinggau yaitu kelas VA berjumlah 23 siswa dan kelas VB berjumlah 23 siswa. Pengambilan sampel dengan cara Teknik purposive sampling, yaitu pada kelas VB SDNegeri 59 Lubuklinggau berjumlah 23 siswa sebagai kelas sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: uji normalitas dan uji t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf kepercayaan yang diperoleh α= 0,05 data thitung= 4,49 dan ttabel = 1,717 maka data tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel. Nilai rata-rata Pretest siswa sebesar 62,61 dan nilai rata-rata Postest sebesar 80,00, maka dapat dikatakan bahwa H0 di tolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 59 Lubuklinggau secara signifikan tuntas. Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran, Problem based Learning, Teks Eksplanasi

Copyrights © 2023