JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 8, No 5 (2024): Oktober

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KETERAMPILAN DIVERSIFIKASI PENGOLAHAN IKAN NILA DAN PEMASARAN PRODUK DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Fitriyana, Fitriyana (Unknown)
Irawan, Irman (Unknown)
Zuraida, Ita (Unknown)
Nurasikin, Andi (Unknown)
Pamungkas, Bagus Fajar (Unknown)
Ardhanwinata, Adlina (Unknown)
Jahrah, Fatimah (Unknown)
Rahman, Nur Rinni (Unknown)
Rifai, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Abstrak: Desa Loa Kulu Kota merupakan daerah yang mempunyai potensi perikanan yang sangat besar dalam usaha budidaya, dimana komoditas ikan yang mendominasi data produksi adalah ikan nila (Oreochromis niloticus). Selama ini ikan nila hanya dipasarkan keberbagai daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara dalam keadaan hidup/segar, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan nilai jual komoditas tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat Desa Loa Kulu Kota tentang manfaat dan cara mengolah ikan nila menjadi produk olahan unggulan seperti (ajifurai, bakso ikan, dan kue ikan), memberikan pemahaman akan pentingnya pengemasan produk yang baik dan memberi pengetahuan terkait pemasaran produk yang efektif dan efisien. Sasaran dari kegiatan ini adalah istri pelaku usaha budidaya keramba dan pelaku UMKM setempat, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 02 Oktober 2022 di Desa Loa Kulu Kota dan dihadiri sebanyak 30 orang. Metode pelatihan yang dilaksanakan terdiri dari penyampaian materi, diskusi atau tanya jawab, dan demonstrasi pengolahan (praktik). Hasil kegiatan menunjukkan masyarakat Desa Loa Kulu Kota sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan dilihat dari jumlah kehadiran dan keaktifan peserta, dari yang sebelumnya warga kurang kreatif menjadi lebih kreatif dalam memvariasikan produk olahan berbahan baku ikan nila seperti produk olahan yang sudah di praktekkan dan didampingi langsung oleh tim pengabdi diantaranya ajifurai, fish ball, dan fish cake. Dari yang sebelumnya warga menyepelekan proses pengemasan produk kini warga menjadi lebih paham akan pentingnya pengemasan produk selain sebagai daya tarik pengemasan produk yang baik dan sesuai standar dapat menambah usia ketahanan pangan, serta warga menjadi lebih paham pentingnya strategi pemasaran untuk mencapai kesusksesan dalam penjualan produknya.Abstrack: Loa Kulu Kota Village is an area that has enormous fisheries potential in cultivation, where the fish commodity that dominates production data is tilapia (Oreochromis niloticus). So far, tilapia fish have only been marketed to various areas in Kutai Kartanegara Regency alive/fresh, so efforts are needed to increase the selling value of this commodity. This activity aims to provide knowledge to the people of Loa Kulu Kota Village about the benefits and how to process tilapia into superior processed products such as (ajifurai, fish balls and fish cakes), provide an understanding of the importance of good product packaging and provide knowledge related to product marketing. effective and efficient. The targets of this activity were the wives of cage cultivation businesses and local MSMEs. This training activity was held on October 2 2022 in Loa Kulu City Village and was attended by 30 people. The training method implemented consists of delivering material, discussion or question and answer, and processing demonstrations (practice). The results of the activity show that the people of Loa Kulu Kota Village are very enthusiastic in participating in training activities seen from the number of participants attending and active. From previously the residents were less creative to becoming more creative in varying processed products made from tilapia fish, such as processed products that have been practiced and accompanied directly by the service team includes ajifurai, fish ball, and fish cake. From previously residents taking the product packaging process for granted, residents now understand more about the importance of product packaging apart from being attractive, good product packaging that meets standards can increase food security, and residents understand more about the importance of marketing strategies to achieve success in selling their products.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...