Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA MELALUI PROGRAM P2WKSS

Putri, Amelia Fadila (Unknown)
Putri, Septiani (Unknown)
Azzahra, Fatima Rosaphira (Unknown)
Hasyim, Muhammad Gifar (Unknown)
Hamdan, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Kemiskinan yang terjadi di indonesia bukan hal yang mudah untuk di tangani, hal ini menjadi sebuah permasalahan sosial yang di hadapi oleh masyarakat. Kemiskinan dapat menyebabkan individu memikirkan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu penyebab kemiskinan di Tasikamalaya di karenakan perempuan yang tidak mampu mengelola keuangan dan berperilaku konsumtif. Oleh sebab itu dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pendidikan dan pelatihan pengelolaan keuangan keluarga melalui program P2WKSS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pendidikan dan pelatihan pengelolaan keuangan keluarga melalui program P2WKSS dilaksanakan dengan memberikan pemahaman dan keterampilan mengenai pengelolaan keuangan keluarga dengan baik seperti memberikan pendidikan mengenai cara mengelola keuangan keluarga berdasarkan skala prioritas, keseimbangan pendapatan dan pengeluaran, serta perencanaan pengeluaran keuangan keluarga. Selain itu, memberikan pelatihan berupa simulasi membuat daftar skala prioritas dengan melaksanakan pembukuan sederhana mengenai pengeluaran dan pendapatan keluarga. Kegiatan ini bermanfaat bagi perempuan khususnya anggota P2WKSS karena dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengelolaan keuangan keluarga. Kata kunci: Pendidikan dan Pelatihan, Pengelolaan Keuangan, P2WKSS

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

OBORPENMAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal OBOR PENMAS dibangun untuk mengkombinasikan hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dapat memberikan kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan serta implementasi terhadap pendidikan masyarakat yang mencakup peadagogy, andragogy, penyuluhan dan pemberdayaan ...