Ekonomi dan Bisnis
Vol 4 No 1 (2024): Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Pengaruh Media Televisi Terhadap Kepuasan yang diperoleh Setelah Penggunaan: (Studi Kasus Masyarakat Komplek Hankam RT.19 Pondok Rajeg Bogor)

Maisaroh, Maisaroh (Unknown)
Bakti, Andi M. Faisal (Unknown)
Hermansah, Tantan (Unknown)
Nasichah, Nasichah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Penggunaan sarana media komunikasi saat ini telah berkembang begitu pesat seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi. Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Sedangkan media massa adalah memanfaatkan alat komunikasi untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada khalayak. Salah satunya adalah Televisi. Televisi merupakan perkembangan yang dapat menyampaikan pesan informasi dalam bentuk suara. Penulis akan mengurai pertanyaan mayor dan minor dalam makalah ini. Pertanyaan mayornya adalah. Bagaimana Televisi pada masyarakat di komplek Hankam mempengaruhi kepuasan mereka?. Apakah ada pengaruh media Televisi pada masyarakat komplek Hankam?. Sejauh mana media Televisi mempengaruhi kepuasan mereka?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan deskriptif. teori yang digunakan penulis dalam makalah ini adalah teori Uses and Gratifications. Teori ini adalah sangat mengutamakan keaktifan dari penerima. Dan, penerima adalah yang membangun sebuah makna. Sumber dalam teori ini hanya sekadar mengarahkan. Hal ini senada dengan teori (USG), yaitu aspek kegunaan informasi dan kepuasan bagi penerima. Peneliti menganggap teori yang diusung dalam makalah ini sangat relavan dengan Ar-Radiya ” kamu menjadi puas” Q.S Ad-Dhuha : 5. Ar-Raajii “dengan hati yang ridha dan puas Q.S Al-Fajr : 5. Penulis menganalisis dengan menggunakan paradigma positivistik menganggap realitas sosial yang terjadi sebagai sesuatu yang bersifat empirik dan dapat diobservasi secara nyata serta dapat dibuktikan secara ilmiah.. Kesimpulannya menunjukkan bahwa media Televisi dan Internet ternyata belum mampu mencapai kepuasan yang diharapkan oleh masyarakat komplek Hankam. RT. 19. Pondok Rajeg Bogor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ekonomibisnis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh STIE Bisnis Internasional Indonesia Bekasi. Artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis adalah artikel penelitian dengan fokus bidang ilmu ekonomi berupa topik tata kelola bisnis baik dari segi pemasaran ...