Kualitas pendidikan menjadi kunci utama dalam menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten. Salah satu cara untuk memperoleh kualitas pendidikan yang memadai yaitu dengan meningkatkan hasil belajar kognitif. Cooperative learning tipe problem posing bisa menjadi alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan hal tersebut. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh pada mata kuliah Pemecahan Masalah Matematis dengan jumlah mahasiswa sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Data hasil belajar kognitif mahasiswa diperoleh dari hasil tes kognitif mahasiswa secara individu. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh, 95,24% mahasiswa mencapai skor minimum dan dominan pada rentang 92-100 yang berarti memberi dampak pada hasil belajar kognitif mahasiswa. Untuk nilai perkembangan individu terlihat 12 dari 21 mahasiswa memperoleh nilai perkembangan 30, dapat dipahami bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa di setiap siklusnya. Pada nilai perkembangan kelompok, di siklus I terdapat 1 kelompok super dan di siklus II terdapat 3 kelompok super yang berarti bahwa peningkatan nilai individu memberi dampak pada peningkatan nilai perkembangan kelompok. Maka berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa cooperative learning tipe problem posing mampu meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah Pemecahan Masalah Matematis.
Copyrights © 2023