Griya Journal of Mathematics Education and Application
Vol. 3 No. 4 (2023): Desember 2023

Implementasi Cooperative Learning Tipe Problem Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

Fitri Ayu Ningtiyas (Unknown)
Yulia Zahara (Unknown)
Sinaga, Nurul Afni (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Kualitas pendidikan menjadi kunci utama dalam menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten. Salah satu cara untuk memperoleh kualitas pendidikan yang memadai yaitu dengan meningkatkan hasil belajar kognitif. Cooperative learning tipe problem posing bisa menjadi alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan hal tersebut. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh pada mata kuliah Pemecahan Masalah Matematis dengan jumlah mahasiswa sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Data hasil belajar kognitif mahasiswa diperoleh dari hasil tes kognitif mahasiswa secara individu. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh, 95,24% mahasiswa mencapai skor minimum dan dominan pada rentang 92-100 yang berarti memberi dampak pada hasil belajar kognitif mahasiswa. Untuk nilai perkembangan individu terlihat 12 dari 21 mahasiswa memperoleh nilai perkembangan 30, dapat dipahami bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa di setiap siklusnya. Pada nilai perkembangan kelompok, di siklus I terdapat 1 kelompok super dan di siklus II terdapat 3 kelompok super yang berarti bahwa peningkatan nilai individu memberi dampak pada peningkatan nilai perkembangan kelompok. Maka berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa cooperative learning tipe problem posing mampu meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah Pemecahan Masalah Matematis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Griya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Griya Journal of Mathematics Education and Application adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun ...