Analisis jabatan sebagai bagian dari manajemen sumber daya manusia dalam organisasi merupakanpenentuan isi dari suatu jabatan yang meliputi tugas, tanggung jawab, kewenangan, kondisi kerja,pendidikan, keahlian, kemampuan, pengalaman kerja, dan hubungan dengan jabatan lain dalamorganisasi, serta persyaratan jabatan yang dibutuhkan seorang karyawan agar mampu melaksanakantugas pekerjaan dalam jabatan yang diembannya dengan baik. Analisis jabatan harus dilaksanakan dengan menganalisis aspek kegiatan pelaksanaan pekerjaan mengenai apa yang sebenarnya dikerjakanoleh pemangku jabatan, dan aspek persyaratan dari pemangku jabatan mengenai syarat-syarat yangharus dipenuhi oleh pemangku jabatan agar dapat melaksanakan tugas dan pekerjaannya dengan baik.Untuk menganalisis dua aspek itu diperlukan informasi-informasi : jabatan, persyaratan jabatan,perilaku, peralatan yang dibutuhkan, standar kinerja, dan konteks pekerjaan. Informasi-informasitersebut dapat dikumpulkan dengan metode-metode : wawancara, diskusi panel para ahli, kuesioner,buku harian kerja, dan pengamatan. Hasil analisis jabatan dapat disajikan dalam bentuk-bentuk :deskripsi jabatan, persyaratan jabatan, klasifikasi jabatan, dan desain pekerjaan.
Copyrights © 2016