Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 13, No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Urgensi Media Sosial Sebagai Agen Sosialisasi Politik Menjelang Pemilihan Presiden 2024

Nofiasari, Wida (Unknown)
Saputra, Inggar (Unknown)
Paramitha, Sandey Tantra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Tingginya penggunaan media sosial tidak berbanding lurus dengan partisipasi politik masyarakat Indonesia. Ini disebabkan agen sosialisasi politik seperti keluarga, lembaga pemerintah dan media massa belum maksimal melakukan sosialisasi politik, sehingga dibutuhkan sosialisasi politik dengan mengoptimalkan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi media sosial sebagai agen sosialisasi politik menjelang Pemilihan Presiden 2024. Media sosial bersama keluarga, lembaga pemerintah, dan media massa menjadi agen sosialisasi politik masyarakat. Media sosial memiliki keunggulan sebagai agen sosialisasi politik mengingat informasi yang banyak, mudah diakses secara luas dan menjamin kebebasan berpendapat. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan studi pustaka melalui pendekatan analisis isi. Hasil penelitian menempatkan media sosial sebagai agen sosialisasi politik yang efektif dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat Indonesia. Dengan kemampuan menampung informasi yang besar dan kebebasan berpendapat, media sosial menjadi sarana argumentasi yang produktif dalam memperbincangkan isu Pemilihan Presiden 2024. Sosialisasi politik melalui media sosial dilakukan dengan menumbuhkan kesadaran kolektif netizen agar tidak mudah terprovokasi informasi yang salah dan menyesatkan dan memassifkan kampanye literasi digital. Kesimpulan penelitian ini media sosial dapat menjadi sarana efektif sebagai agen sosialisasi politik melalui seleksi informasi dan literasi digital khususnya dalam merespons berbagai wacana dan isu politik berkaitan Pemilihan Presiden 2024. 

Copyrights © 2023