Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Deli Serdang, adapun tujuannya adalah untuk mengetahui: 1). bagaimana kemampuan komunikasi interpersonal pada masa belajar daring siswa MTsN 2 Deli Serdang, 2). Untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi interpersonal pada masa belajar sesudah daring siswa MTsN 2 Deli Serdang. 3). Untuk mengetahui bagaimana perbandingan kemampuan komunikasi interpsonal pada masa belajar daring dengan belajar sesuai dari siswa MTsN 2 Deli Serdang.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam. Pengolahan data kualitatif dilakukan dengan mentranskip data, baik itu wawancara maupun dokumen-dokumen yang terkait penulisan. Subjek yang diteliti sebagai informasi data yaitu Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Guru BK dan siswa.Kegiatan selanjutnya adalah melakukan analisis data. Mencari dan mengatur secara sistematis transkip wawancara, catatan lapangan dan bahan-bahan lain yang telah dikumpulkan untuk menambah penambahan sendiri mengenai bahan-bahan tersebut. Untuk itu data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif model interaksi dari Miles dan Huberman dalam Sugiyono yang terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data, Menarik Kesimpulan/Verifikasi.
Copyrights © 2024