Jurnal Edukatif
Vol 2 No 1 (2024)

Perbandingan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Pada Masa Belajar Daring dan Sesudah Daring di MTsN 2 Deli Serdang

Manullang, Saputri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Deli Serdang, adapun tujuannya adalah untuk mengetahui: 1). bagaimana kemampuan komunikasi interpersonal pada masa belajar daring siswa MTsN 2 Deli Serdang, 2). Untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi interpersonal pada masa belajar sesudah daring siswa MTsN 2 Deli Serdang. 3). Untuk mengetahui bagaimana perbandingan kemampuan komunikasi interpsonal pada masa belajar daring dengan belajar sesuai dari siswa MTsN 2 Deli Serdang.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam. Pengolahan data kualitatif dilakukan dengan mentranskip data, baik itu wawancara maupun dokumen-dokumen yang terkait penulisan. Subjek yang diteliti sebagai informasi data yaitu Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Guru BK dan siswa.Kegiatan selanjutnya adalah melakukan analisis data. Mencari dan mengatur secara sistematis transkip wawancara, catatan lapangan dan bahan-bahan lain yang telah dikumpulkan untuk menambah penambahan sendiri mengenai bahan-bahan tersebut. Untuk itu data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif model interaksi dari Miles dan Huberman dalam Sugiyono yang terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data, Menarik Kesimpulan/Verifikasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukatif is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including ...