Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kemampuan berpikir kritis siswa sebelum adanya pembelajaran yang bertujuan untuk menanamkan kemampuan berpikir kritis, untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan guru untuk menanamkan kemampuan berpikir kritis dan untuk mengetahui bagaimana hasil yang didapatkan dari penerapan strategi guru tersebut. Mengingat pentingnya memiliki kemampuan berpikir kritis dan lemahnya kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia maka penelitian ini dilakukan oleh melihat kondisi yang ada di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penjelasan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sebelum adanya penerapan pembelajaran yang bertujuan menanamkan kemampuan berpikir kritis ialah siswa memiliki kemampuan yang lemah dalam berpikir kritis dan membaik setelah penerapannya sehingga dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peran yang penting dalam menanamkan kemampuan berpikir kritis pada siswa.
Copyrights © 2024