Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 10, No 1 (2024): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi remaja di lingkungan keluarga di kota Subulussalam

Sukriyah, Elvi (Unknown)
Sapri, Sapri (Unknown)
Syukri, Makmur (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode dan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi remaja di lingkungan keluarga di Desa Lae Bersih, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Metode penelitian ini ialah kualitatif, menekankan pada realitas sosial secara utuh, kompleks, dinamis dan interaktif dengan mempertimbangkan keadaan objek yang alamiah. Data yang diperoleh dapat berupa kata, kalimat, diagram atau gambar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dengan jenis wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang peneliti gunakan ialah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial religius remaja di Desa Lae bersih cenderung baik dikarenakan anak-anak remaja masih banyak yang peduli dan berkontribusi pada kegiatan sosial keagamaan sehingga dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan antar warga. Metode yang dilakukan dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam ialah metode nasehat, keteladanan, pembiasaaan, diskusi dan pemberian targhib dan tarhib agar anak remaja di Desa Lae Bersih dapat semakin baik akhlaknya. Dalam proses internalisi nilai-nilai pendidikan agama Islam terdapat 3 tahapan yaitu tahapan transformasi nilai yaitu anak mau mendengarkan orang tua, tahapan transaksi nilai dimana orang tua mulai mengajak anak untuk mempraktekkan nilai-nilai agama dan tahap transinternalisasi nilai yaitu tahapan di mana anak sudah mau dan mampu mempraktekkan nilai-nilai agama yang diajarkan.Adanan, A. B. S. (2021). Pendekatan Pendidikan: Keteladanan, Nasehat dan Perhatian. AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1).Al-Maraghi, A. M. (2006). Tafsir Al-Maraghiy. Beirut: Dar Al-Fikr.Aprianto, I. (2022). Landasan Pendidikan. Boyolali: Penerbit Lakeisha.Arfah, K. S. S., & Aini, E. N. (2018). Konseling Islami untuk Mengatasi Kenakalan Remaja yang Orang Tuanya Bercerai dengan Metode Targhib wa Tarhib. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.Arifuddin, & Ilham, M. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan’Kontribusi Lembaga Infromasi terhadap Pembinaan Karakter Anak. Iqro’ Journal of Islam, 3(1).Dahwadin, & Nugraha, F. S. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Cikarang: Penerbit Mangku Bumi.Daulay, H. P. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Istighna: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1).Fitri, G., & Yarni, L. (2022). Hubungan Interaksi dalam Keluarga dengan Kepercayaan Diri Remaja di Jorong Cupak Nagari Pakan Sinayan. Indonesian Research Journal on Education, 2(2).Hastuti, R. (2021). Psikologi Remaja. Medan: Penerbit Andi.Hidayat, T. (2018). Pendidikan dalam Perspektif Islam gan Penannya dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2).Indonesia, R. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. , (2003). Indonesia.Isoani, F. (2023). Psikologi Perkembangan. Cirebon: Lovrinz Publishing.Karlinawati. (2021). Psikologi Remaja. Jakarta: RajaGrafindo Persada.Khasanah, W. (2019). Peranan Remaja Masjid Ar-Rahman dalam Pembentukan Karakter Remaja yang Religius Desa Waekasar Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru. Kuttab, 1(1).Mahyudin. (2018). Tafsir Tarbawi, Kajian Ayat-Ayat Al-Qur’an Dengan Tafsir Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.Muzakkir. (2022). Penerapan Metode Nasihat dalam Meningkatkan Kemampuan Mengerjakan Ibadah Shalat pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Prumnas. Al-Asma: Journal of Islamic, 4(2).Muzayyanah, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik di MTSn 1 Nganjuk. IAIN Kediri.Nopriyadi, I. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Religius oleh Mahasiswa Prodi PAI UIN Fatmawati Sukarno Melalui Kegiatan Remaja Masjid Al-Amin di Desa Lubuk Kumbung Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muratara Sumatera Selatan. Ghaitsa: Islamic Education Journal, 3(3).Nurkholis. (2023). Internalisasi Nilai Pendidikan Islam pada Anak Terlantar. Lombok: Penerbitp4i.Octavia, A. S. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Jakarta: Deepublish.RI, K. A. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.Ristiana, N. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Pespektif Sosial Kemasyarakatan. Jurnal PAI, 3(1).Rosidin, & Gufron, M. (2020). Pendidikan Agama Islam. Malang: Edulitera.Rusli. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Oleh Pembina kepada Himpunan Anak Pecinta Islam (HAPIS) di SMA Negeri 3 Teluk Keramat. Educational Journal: General and Spesific Research.Samsuri, S. (2020). Hakikat Fitrah Manusia dalam Islam. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1).Sanusi, A. (2021). Internalisasi Pendidikan Agama Bagi Remaja Melalui Majlis Ta’lim. Al-Fikri Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(02).Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Sugiyono. (2020). Metode Penelitian dan Pengembangan : Research and Development. Bandung: Alfabeta.Sugiyono, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.Wahid, A. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama di Sekolah: Perpektif Manajemen Pendidikan Islam. Journal of Educational Management Research.Warsah, I. (2022). Pendidikan Islam dalam Keluarga: Stufi Psikologis dan Sosiologis Masyarakat Multi Agama Desa Suro Bali. Palembang: Tunas Gemilang Press.Wirenviona, R. (2020). Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Surabaya: Airlangga University Press.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...