INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 2 No. 2 (2024): JUNI 2024

MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK USIA 5 TAHUN MELALUI BERMAIN PERAN DI TK / RA PRATIWI MAKASSAR

Maya Sidi (Unknown)
Endang Ruswiyani (Unknown)
Jusmaniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkat kepercayaan diri pada anak usia dini melalui Metode bermain peran .Di Tk/RA Pratiwi kota Makassar di mana anak dapat melakukan l kegitan bermain peran dengan kegitan berdagang ( sayur-sayuran), antara kelompok A dan B di mana anak di perangkan sebagai penjual dan pembeli.Jenis penelitian yang di gunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan mengunakan produser (1). Permaslah (2) Perencanan (3) pelaksanan, (4). Pengamatan , dan (Refleksi).Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa nilai kepercayan diri anak ulsia 5 tahuln TK / RA Pratiwi Makassar mengalami peningkatan Kepercyan diri dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian, setelah diterapkan kegiatan pembelajaran melaluli metode bermain peran yang dilakukan secara berulang-ulang pada siklus I dan siklus II sehinga hasilnya dapat meningkat Kepercyan diri pada anak usia 5 tahun tersebut anak mampu mengatahui kepercayan dirinya melalui metode bermain peran, dengan rasa tangung jawab yang tinggi, dan mencoba hal baru. Selain itu, guru juga dapat mengetahui Kepercyan diri pada anak usia 5 tahun melalui bermain peran yaitu ,menetapkan tujuan dan judul peran, menetapkan bentuk bermain peran yang dipilih, menetapkan alat dan bahan yang diperluhkan dalam kegitan bermain peran, melaksanakan pembukaan mengajukan pertanyaan tentang isi bermain peran dan menetapkan rancangan penilaian kegiatan bermain peran sehingga anak mengalami peningkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...