PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Mulitkultural
Vol. 2 No. 2 (2024): Terbitan ke - 4

Kesehatan Mental Anak Berprestasi Dalam Keluarga Broken Home: (Studi Kasus Korban Broken Home Di Desa Sumbersari, Kota Jember)

Al Faqih, Mutia Khanza (Unknown)
Mawaddati, Ika Romika (Unknown)
suharmawan, wahid (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Secara istilah Broken Home adalah rumah tangga yang berantakan yaitu kurangnya perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tua terhadap anak sehingga membuat mental sang anak menjadi brutal dan frustasi. Dampak dari Broken Home itu sendiri tentunya sangat berpengaruh dengan hubungan antara anak dan kedua orang tuanya baik dari segi komunikasi, psikologis, mental, pendidikan dan tingkah laku seorang anak. Alasan dilakukannya penelitian ini karena semakin banyaknya kasus perceraian yang dampaknya akan sangat berpengaruh pada tingkah laku dan mental sang anak di kota-kota besar, salah satunya termasuk di kota Jember, Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian yang menggunakan metode kualitatif bertujuan untuk menggambarkan, meringkas, berbagai kondisi dan situasi serta fenomena realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi penelitian dan berupaya menarik realita itu ke permukaan sebagai suatu ciri, karakter, model, tanda, atau gambaran tentang kondisi dan fenomena tertentu. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kondisi kesehatan mental X sebagai anak keluarga broken home yaitu tetap memiliki kesehatan yang positif dan tetap berprestasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental X sebagai anak keluarga broken home yaitu meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa faktor genetik dan kondisi ibu saat hamil yang termasuk dalam faktor biologis, sedangkan untuk faktor psikologis berupa pengalaman awal, proses pembelajaran, serta kebutuhan. Untuk faktor eksternal berupa faktor dari keluarga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandalungan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Penelitian Pendidikan, Penerapan Bimbingan dan Konseling di dunia pendidikan; Kesehatan Mental; Penilaian atau Pengawasan dalam Konseling; dan Konseling ...