Revenue Manuscript
Vol. 2 No. 4 (2024): Juli

Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare The Originote di Kota Pasuruan

Saidah, Indah Karimatus (Unknown)
Sutikno, Bambang (Unknown)
Erwantiningsih, Eni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Dalam era modern yang terus berkembang, saat ini penampilan telah menjadi hal yang penting. Persaingan di dunia kosmetik terutama skincare sangat ketat dan menyebabkan kemunculan merek skincare baru terus bertambah. Skincare local brand The Originote diperkenalkan sejak tahun 2022 dan berkembang dengan beberapa produk kecantikannya yang berfokus merawat kulit. Produk ini awalnya memiliki slogan “Affordable skincare for all” yang berarti skincare ini memiliki harga yang murah dibandingkan skincare lainnya dan kualitasnya bagus, tapi hal itu tidak sesuai dengan review konsumen skincare The Originote yang menyatakan bahwa kualitas yang dimiliki tidak sesuai dengan persepsi awal konsumen dan dari slogan produk tersebut. Sehingga ketidaksesuaian kualitas produk dengan harga skincare The Originote membuat kebimbangan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Studi penelitian ini memakai metode kualitatif yang dikuantitatifkan yaitu menyebar kuesioner. Populasi penelitian ini adalah responden yang sudah pernah membeli dan memakai produk skincare The Originote yang belum diketahui jumlah populasinya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel non probability yaitu purposive sampling dengan sampel berjumlah 65 responden. Penelitian ini memiliki hasil yakni (1) persepsi harga memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,034 < 0,05. (2) kualitas produk memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) persepsi harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005. (4) persepsi harga dan kualitas produk memiliki pengaruh sebesar 64,7% terhadap keputusan pembelian dan sisanya sebesar 35,3% dipengaruhi oleh variabel tambahan yang belum dibahas oleh penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

revenue

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Revenue Manuscript merupakan jurnal bidang manajemen yang ditertbitkan dan dikelola oleh Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT). Dengan frekuensi terbit setiap 2 bulan sekali, diantaranya : Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November setiap tahunnya. ...