cover
Contact Name
Intannia Cahyasari
Contact Email
manajemenrevenue@gmail.com
Phone
+6285236865255
Journal Mail Official
manajemenrevenue@gmail.com
Editorial Address
Perum Wirogunan Residence L-120 Kelurahan Wirogunan Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan 67118
Location
Kota pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
Revenue Manuscript
ISSN : 30315301     EISSN : 30267307     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen Revenue Manuscript merupakan jurnal bidang manajemen yang ditertbitkan dan dikelola oleh Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT). Dengan frekuensi terbit setiap 2 bulan sekali, diantaranya : Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November setiap tahunnya. Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian manajemen dari seluruh civitas akademika utamanya dari perguruan tinggi. Redaksi menerima sumbangan artikel dari luar yang bersifat asli, aktual serta belum pernah dipublikasikan di media lain. Revenue Manuscript menyediakan terbitan berskala versi cetak dan versi online yang mempunyai scope sebagaimana dimuat dalam Jurnal Revenue Manuscript meliputi: Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Syariah, Kewirausahaan.
Articles 23 Documents
Inovasi Bank Kustadion Pada Aplikasi Reksadana Syariah Bibit Cindy Cintania Amarta; Jeni Devi Anjelina
Revenue Manuscript Vol. 1 No. 1 (2023): September 2023
Publisher : Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam aplikasi bibit menyediakan beberapa pilihan reksadana. Seperti reksadana saham, obligasi, dan pasar uang. Bibit juga menyediakan beberapa produk reksadana syariah. Namun produk-produk reksadana syariah yang ada pada aplikasi bibit masih menggunakan bank kustodian dari bank konvensional. Penulis melakukan penelitian ini untuk memberikan inovasi terhadap bank kustodian yang ada pada aplikasi Bibit serta memperkuat dengan adanya fatwa DSN-MUI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus serta melakukan rumusan permasalah menggunakan business model canvas yang memenuhi sembilan instrument, seperti customer segment, value proposition, channels, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key partnership, dan cost structure. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan mampu menambah pengetahuan bagi para pembaca. Kata kunci: Aplikasi Bibit, Reksadana Syariah, Bank Kustodian
Strategi Bisnis Dalam Mengembangkan Trend Hijab di Kalangan Remaja Sartika Dewi; Dini Lestari
Revenue Manuscript Vol. 1 No. 1 (2023): September 2023
Publisher : Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Wanita muslimah tentunya harus berhati-hati dalam berpakaian, mengikuti nilai-nilai agama, penggunaan hijab digunakan sebagai alat untuk menutupi aurat. Memakai jilbab setiap saat adalah kewajiban bagi wanita muslim, tetapi ada banyak yang hanya memakainya pada waktu-waktu tertentu contohnya saat sedang bekerja, sekolah dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yang mana datanya tidak menekan pada angka. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang meneliti sesuatu dibalik peristiwa itu terjadi dan hasilnya tidak dapat diperoleh dengan statistik atau bentuk perhitungan lainnya karena data tersebut berasal dari wawancara, foto, video. Peneliti mengumpulkan data tentang beberapa bentuk dan jenis produk hijab yang bervariasi di kalangan remaja yaitu segi empat, pasmina. jeni-jenis hijab yang sedang trend di kalangan remaja yaitu segi empat (Paris Premium dan Bella Square), pashmina (crinkcle dan plisket). Promosi merupakan salah satu teknik yang harus di lakukan perusahaan dalam menawarkan hasil produknya. Berdasarkan penelitian dapat di ketahui bahwa strategi bisnis dalam mengembangkan trend hijab dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi dan mengandalkan kualitas produk hijabnya.   Kata kunci: Strategi Bisnis, Penelitian Kualitatif, Matrix BCG
Sikap, Norma Subjektif dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwakaf Tunai Pada Koperasi Syariah Neng Cucu Rosmini; Agus Luthfi; Agus Mahardiyanto
Revenue Manuscript Vol. 1 No. 2 (2023): November
Publisher : Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Wakaf tunai adalah salah satu wujud filantropi Islam yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam kepentingan umum. Upaya penghimpunan dan pengelolaan wakaf tunai di Indonesia dilakukan oleh nazhir dan Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU). Saat ini, telah terdapat 285 nazhir wakaf di Indonesia, akan tetapi total penerimaan dana wakaf belum mencapai target yang telah ditetapkan. Hal tersebut disebabkan karena masih terdapat tantangan dalam pengelolaan wakaf tunai. Tantangan tersebut dapat berasal dari wakif maupun dari lembaga pengelola wakaf tunai. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh sikap, norma subjektif dan pengetahuan terhadap minat berwakaf tunai anggota pada koperasi syariah KSPPS BMT ItQan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 20. Hasil uji hipotesis untuk variabel sikap, norma subjektif dan pengetahuan menyatakan bahwa ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwakaf tunai anggota pada koperai Syariah KSPPS BMT ItQan.
Gaya Hidup Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Konsumen di Pasuruan Raya Eva Mufidah; Hari Wahyuni; Sri Hastari; Dina Fitriyah
Revenue Manuscript Vol. 1 No. 1 (2023): September 2023
Publisher : Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dunia bisnis berkembang sangat pesat, khususnya industri kosmetik. Salah satu perusahaan yang mengalami persaingan dalam memasarkan produknya adalah produk kosmetik Wardah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang adanya pengaruh gaya hidup dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk Wardah pada konsumen di Pasuruan Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 697 konsumen atau pengguna produk Wardah di Pasuruan Raya dengan pengambilan sampel sebanyak 88 responden. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinan. Hasil penelitian diperoleh nilai R Square sebesar 0,679, dan menunjukkan bahwa 1) Gaya hidup dan brand ambassador berpengaruh simultan terhadap keputusan pembelian. 2) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kendaraan Terhadap Kepuasan Pelanggan Fendry Palijama
Revenue Manuscript Vol. 1 No. 1 (2023): September 2023
Publisher : Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Akibat penurunan jumlah pelanggan dimasa pandemi covid-19, jasa rental mobil NRC Group memfokuskan pemasarannya agar mencapai target kepuasan pelanggan. Yaitu dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas kendaraannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kendaraan terhadap kepuasan pelanggan Rental Mobil NRC Group di Kecamatan Pasrepan. Penelitian ini, menggunakan metode penelitian kuantitatif dan mengambil sampel sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelitian observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (Adjusted R2), dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 73,3% dengan hasil Uji F hitung > F tabel, yaitu 64,502 > 3,20 yang menjelaskan pengaruh variabel kualitas pelayanan (X1) dan fasilitas (X2) secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y). Hasil uji t variabel kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y) adalah t hitung > t tabel, yaitu 5,080 > 2,012 dan nilai probability sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil uji t variabel fasilitas (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) adalah t hitung > t tabel yaitu 6,298 > 2,012 dengan nilai probability sebesar 0,000 < 0,05.
Konflik Peran Ganda Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawati Batik Tulis Sekarwangi Sejati di Tembokrejo Kota Pasuruan Hanik Islakhiyah; A. Ratna Pudyaningsih; Vita Fibriyani
Revenue Manuscript Vol. 1 No. 1 (2023): September 2023
Publisher : Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada UMKM batik tulis Sekarwangi Sejati seluruh karyawati menjalankan peran ganda. Akan tetapi, peran ganda yang dijalankannya dapat menimbulkan masalah  untuk UMKM batik tulis Sekarwangi Sejati. Penelitian ini menggunakan analisis data uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji linieritas, uji autokorelasi, analisis regresi linier berganda, uji simultan (uji F), uji parsial (uji T) dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian ini yaitu variabel konflik peran ganda dan motivasi kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawati dengan nilai F hitung sebesar 9.235 dan nilai signifikansi sebesar 0.001,variabel konflik peran ganda berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja karyawati dengan nilai T hitung sebesar -2.679 dan nilai signifikan sebesar 0.011 dan variabel motivasi kerja (X2) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja karyawati dengan nilai T hitung sebesar 0.155 dan nilai signifikan sebesar 0.878. Diharapkan dukungan sosial dari keluarga dan pemimpin UMKM Batik Tulis Sekarwangi Sejati untuk meninjau dan meningkatkan kembali kebutuhan karyawati.
Efektivitas Promosi Digital Marketing dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Zoya Mode Kota Pasuruan Monica Kartika Stefana; Nurul Akramiah; Yuventi Oktafiah; A. Ratna Pudyaningsih
Revenue Manuscript Vol. 1 No. 1 (2023): September 2023
Publisher : Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di jaman yang serba digital seperti saat ini, perusahaan dituntut untuk tidak hanya menawarkan produknya secara langsung kepada pelanggan, tetapi juga harus menawarkan produknya secara online dengan memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan oleh internet. Menurut sebuah penelitian, rata-rata manusia menghabiskan 1,5 jam untuk berselancar di internet. Dengan begitu, sebuah perusahaan dituntut untuk memanfaatkan hal tersebut yaitu dengan mempromosikan produknya secara digital. Hal tersebut berguna untuk mengetahui seberapa loyal pelanggan tersebut terhadap sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruh promosi digital marketing terhadap loyalitas pelanggan Zoya Mode Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus dari Hair dimana ditemukan jumlah sampel yaitu 90 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 20. Alat penelitian dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian dari regresi linier berganda diperoleh Y = 5,629 + 0,264 X + e dan nilai F hitung dari variabel digital marketing adalah 19,433 lebih besar dari F tabel yaitu 3,95 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan Zoya Mode Kota Pasuruan.
Metode Penyusutan Aset Tetap Terhadap Laba Perusahaan Granit Agustina
Revenue Manuscript Vol. 1 No. 1 (2023): September 2023
Publisher : Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aset tetap merupakan salah satu sumber daya ekonomi yang diperoleh dan dikuasai oleh suatu perusahaan sebagai hasil transaksi masa lalu, salah satunya adalah aktiva tetap yang digunakan perusahaan dalam kegiatan operasional perusahaan dan menghasilkan produk. Untuk menghasilkannya peran aktiva sangat besar. Contohnya seperti lahan sebagai tempat berproduksi, bangunan sebagai tempat pabrik dan kantor, mesin dan peralatan yang berfungsi sebagai alat produksi dan lain-lain. Aset tetap juga bagian utama dalam penyajian posisi keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penyusutan yang diterapkan oleh perusahaan PT Aica Indria Pasuruan , untuk mengetahui penyusutan asset tetap sangat berpengaruh terhadap laba perusahaan PT Aica Indria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penyusutan Aset Tetap yang digunakan perusahaan adalah metode penyusutan garis lurus . Dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus jumlah beban penyusutan lebih kecil dibandingkan dengan metode saldo menurun ganda dan jumlah angka tahun. Adapun penyusutan pada tahun 2015 dibandingkan tahun 2016 dimana harga perolehan masih tinggi sehingga biaya penyusutannya juga besar.Selanjutnya di tahun 2016 biaya penyusutannya lebih kecil dari tahun 2016 . Metode penyusutan aktiva tetap berpengaruh terhadap laba perusahaan dimana penggunaan metode penyusutan akan berdampak pada semakin besar atau semakin kecilnya laba perusahaan.
Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Berdasarkan Kelas Jabatan dan Budaya Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Aparatur Sipil Negara Kantor Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Muhammad Tahajjudi Ghifary; Bambang Sutikno
Revenue Manuscript Vol. 1 No. 1 (2023): September 2023
Publisher : Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tambahan penghasilan pegawai adalah tambahan penghasilan yang diberikan secara bulanan berdasarkan kinerja bulan sebelumnya kepada pegawai di luar gaji, tunjangan jabatan struktural, tunjangan jabatan fungsional, dan tunjangan jabatan fungsional umum. Aparatur Sipil Negara diberikan tambahan penghasilan sesuai dengan kelas jabatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Tambahan Penghasilan Pegawai berdasarkan kelas jabatan dan budaya organisasi terhadap prestasi. Hasil analisis deskriptif persepsi kuisioner terhadap variable independen dan dependen memiliki kategori baik. Bedasarkan hasil uji simultan (Uji F) diperoleh nilai Fhitung sebesar 84,627 > dari Ftabel sebesar 3,32 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga seluruh variabel bebas secara bersama-sama merupakan penjelas yang signifikan terhadap varibel terikat. Hasil uji secara parsial menghasilkan bahwa variabel tambahan penghasilan pegawai berdasarkan kelas jabatan mempunyai signifikansi 0,000 < 0,05 dan mempunyai nilai thitung lebih besar dari ttabel 9,217 > 2,045 sehingga terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap prestasi kerja. Variabel budaya organisasi memiliki signifikansi 0,001 < 0,05 dan mempunyai nilai thitung lebih besar dari ttabel 5,809 > 2,045 sehingga varibel budaya organisasi secara signifikan berpengaruh terhadap prestasi kerja.
Komunitas Merek, Kualitas Informasi, Keterlibatan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Sewa Peralatan Pendakian ZYQY Outdoor Antoni Antoni
Revenue Manuscript Vol. 1 No. 1 (2023): September 2023
Publisher : Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya loyalitas pelanggan untuk perusahaan sangatlah penting. Loyalitas pelanggan didefinisikan sebagai orang yang membeli, khususnya yang membeli secara teratur dan berulang-ulang. Definisi ini menempatkan loyalitas sebagai sebuah komitmen sikap yang menghasilkan customer loyal dan tidak loyal. Dalam penelitian ini tentang dampak komunitas merek, kualitas informasi dan keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Zyqy Outdoor di Pasuruan yang melakukan penyewaan minimal sebanyak dua kali dan yang menyewa untuk keperluan pribadi. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 45 responden, tehnik pengambilan sampel yaitu menggunakan accidental sampling. Data yang diperoleh dan dianalisis menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas merek, kualitas informasi dan keterlibatan pelanggan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Page 1 of 3 | Total Record : 23