Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM)
Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM)

Pengabdian Masyarakat untuk Optimalisasi Pemasaran Digital pada UMKM Lomilk

Lauwis, Angelica (Unknown)
Arselia Stefy Arianto (Unknown)
Jason Hartanto (Unknown)
Mouritzio Harapan Plate (Unknown)
Vlady Marcelo Sorensen (Unknown)
Elia Ardyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Pada tahun 2009, sekitar 98,87% Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 96,2 juta orang. UMKM membuktikan kontribusi aktifnya dalam meningkatkan perekonomian dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi. Meskipun memiliki potensi besar, banyak UMKM menghadapi tantangan dalam pemasaran digital dan brand awareness. Jurnal ini membahas kegiatan pengabdian masyarakat terhadap UMKM Lomilk yang mengalami kendala dalam pemasaran produk dan kurangnya brand awareness. Solusi yang diusulkan melibatkan pengelolaan ulang media sosial, pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) seperti ChatGPT dan Leonardo AI, serta pelatihan penggunaan Instagram Ads. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membantu UMKM Lomilk mengatasi masalah mereka dan meningkatkan kinerja bisnis mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

LeECOM

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Social Sciences

Description

Jurnal LeCCOM (Leverage, Engagement, Empowerment of Community) dengan E-ISSN (2685-8630), diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ciputra Surabaya sejak tahun 2019. Jurnal ini diterbitkan dengan tujuan untuk mewadahi publikasi dari semua kegiatan terkait dengan ...