JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 7 No. 2 (2024): Juli

Persepsi Orang Tua Tentang Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini di TK Hafizah Desa Bendar Sedap Kabupaten Kerinci

Nabila, Sintia (Unknown)
Rahman, KA (Unknown)
Ismiatun, Asih Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis persepsi orang tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini yang pada faktanya begitu banyak kekeliruan dalam memahami pendidikan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi orang tua tentang pentingnya pendidikan, masa peka, dan peran penting anak usia dini sebagai generasi emas suatu bangsa. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa persentase (%). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua yang menyekolahkan anaknya di TK Hafizah Desa Bendar Sedap. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 orang tua. Penelitian ini dilaksanakan di TK Hafizah Desa Bendar Sedap Kabupaten Kerinci.  Hasil dari peneltian ini diantaranya meliputi persepsi orang tua tentang pentingnya PAUD berada pada kualitas sedang (46,0%), persepsi orang tua mengenai anak usia dini hidup pada masa peka berada pada kualitas sedang (44,8%), dan persepsi orang tua mengenai anak usia dini merupakan generasi emas suatu bangsa berada pada kualitas sedang (50%). Kesimpulannya persepsi orang tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini di TK Hafizah Desa Bendar Sedap Kabupaten Kerinci berada pada kualitas sedang yaitu (46,93%).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...