Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 7 No. 3 (2023): October

Relevansi Implikatur Percakapan Bermuatan Nilai Pendidikan pada Vlog Jerome Polin sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot di Sekolah Menengah Atas

Pratiwi, Intan Surya (Unknown)
Kuntoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Komunikasi dengan bahasa menjadikan setiap orang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.  Tujuan spesifik dari penelitian ini adalah menemukan fungsi implikatur percakapan pada Vlog Jerome Polin di YouTube. penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis relevansi implikatur percakapan Vlog Jerome Polin di YouTube terhadap pembelajaran teks anekdot di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan dasar penelitian studi kasus. Subjek penelitiannya adalah dialog percakapan pada Vlog Jerome Polin. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mencari dan mengumpulkan Vlog Jerome Polin, mentranskrip Vlog Jerome Polin yang sudah dikumpulkan, melakukan pendokumentasian tuturan pada Vlog Jerome Polin yang mengandung praanggapan, menganalisis data, membuat simpulan dari seluruh analisis. Hasil penelitian alih kode dan campur kode yang terjadi dalam video Youtube Jerome Polin akan dikaitkan dalam KD 3.6 menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot dan 4.6 menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur teks anekdot dan struktur kebahasaan teks anekdot. Handout ini dengan menambahkan pengertian, ciri-ciri, struktur dan kebahasaan teks anekdot yang dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran. Implikasi penelitian ini untuk menyelesaikan fungsi implikatur percakapan pada sebuah tayangan harus menganalisis tuturan terlebih dahulu dan menyelesaikannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...