Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 5, No 1 (2024)

Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP

Aulia, Vanisa (Unknown)
Zuliarni, Zuliarni (Unknown)
Rahmayanti, Elsa (Unknown)
Hendri, Nofri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu pada pembelajaran IPA masih menggunakan media pembelajaran berupa LKS dan powerpoint berisikan tulisan dan gambar, serta masih rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 13 Padang. Karena pembelajaran masih bersifat konvensional, sehingga pembelajaran menjadi kurang menggairahkan dan kurang menarik. Penyampaian materi secara verbal tanpa diikuti dengan variasi visual yang menarik dan konkret membuat banyak siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 13 Padang. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan sampel berjumlah 60 siswa dari kelas VIII.8 dan VIII.9. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata rata kelas eksperimen adalah 78.5 dan nilai rata rata kelas kontrol adalah 60. Bersumber pada perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung 16.22 dan ttabel pada taraf signifikan 0.05 yakni 2.00. Bila dibandingkan, sehingga thitung ttabel yaitu 16.22 2.00. Yang berarti bahwa H1 diterima. Dengan demikian, penggunaan media video pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 13 Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...