Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 14, No 2 (2014)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI KELISTRIKAN POWER WINDOW SISWA KELAS XI TKR

Gunawan, Aris Setya Endra ( Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang)
Widayat, Widi ( Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan  modul interaktif pada pembelajaran materi sistem power window, dan mendiskripsikan keefektivan modul interaktif dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran materi sistem power window. Penelitian menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Sedan Kabupaten Rembang yangberjumlah 127 siswa dan terbagi dalam empat kelas. Sampel dipilih 66 siswa dan terbagi dalam dua kelas yaitu XI TKR1 dan XI TKR2 dengan teknik simple random sampling. Kelas XI TKR2 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontroldan siswa kelas XI TKR1 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kelompok kontrol mengalami peningkatan dari 51,15 menjadi 76,06 sebesar 24,91. Ratarata nilai hasil belajar kelompok eksperimen mengalami peningkatan dari 48,36 menjadi 85,09 sebesar 36,73. 

Copyrights © 2014