Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 25, No 1 (2024): CHEMICA

Systematic Literatur Review: Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Kimia Pada Tingkat SMA di Indonesia

Allo, Eda Lolo (Unknown)
Pasae, Yoel (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan abad 21 yang diperlukan menghadapi tantangan dunia global. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran penelitian terdahulu tentang keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran kimia SMA di Indonesia. Penelitian menggunakan Systematic Literature Review merujuk pada Kitchenham dan Charters. Sumber data dari https://sinta.kemdikbud.go.id. Penelusuran artikel pada masing-masing website menggunakan kata kunci berpikir kreatif, creative thinking, kreativitas dan creativity. Hasil penelitian adalah: 1). Publikasi artikel keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran kimia di Indonesia termuat pada jurnal SINTA 2 sebanyak tujuh artikel, SINTA 3 tujuh artikel, SINTA 4 tujuh artikel, SINTA 5 dua artikel; 2). Berbagai upaya dilakukan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dimana cara yang paling banyak dilakukan adalah mengembangkan LKPD yang didasarkan pada model pembelajaran tertentu; 3). Konten kimia yang menjadi bahan kajian dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif adalah beragam, dengan kajian terbanyak pada konten Asam Basa dan Larutan Penyangga.Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Kimia, SMA.ABSTRACTCreative thinking skills are 21st century skills needed to face the challenges of the global world. This research aims to provide an overview of previous research on creative thinking skills in chemistry learning at high schools in Indonesia. Research using Systematic Literature Review refers to Kitchenham and Charters. Data source from https://sinta.kemdikbud.go.id. Search for articles on each website using the keywords creative thinking, creativity and creativity. The research results are: 1). The publication of articles on creative thinking skills in chemistry learning in Indonesia is contained in the journal SINTA 2 with seven articles, SINTA 3 seven articles, SINTA 4 seven articles, SINTA 5 two articles; 2). Various efforts have been made to develop students' creative thinking skills, where the most common way is to develop student worksheets that are based on certain learning models; 3). The chemical content used as study material in developing creative thinking skills is diverse, with the most studies being Acids-Bases and Buffer Solutions.Keywords: Creative Thinking Skills, Chemistry Learning, High School

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

chemica

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian ...