Abdi Laksana
Vol 2 No 3 (2021): Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

STRATEGI MARKETING DESTINASI WISATA CURUG ANGKREK PASCA COVID-19

Ivantan, Ivantan (Unknown)
Munarsih, Munarsih (Unknown)
Sudarsono, Agus (Unknown)
Ariyanto, Aris (Unknown)
Akbar, Mada Faisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2021

Abstract

Usaha mengembangkan suatu daerah tujuan wisata harus memperhatikan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan suatu daerah tujuan wisata. Salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah pemberian informasi ke masyarakat luas. Minimnya informasi ini membuat banyak masyarakat mencari informasi mengenai tempat wisata melalui brosur, komunitas, promosi, buku, dan terutama adalah melalui internet. Pariwisata sebagai penggerak sektor ekonomi dapat menjadi solusi bagi pemerintah dalam meningkatkan pembangunan ekonomi. Sektor pariwisata tidak hanya menyentuh kelompok - kelompok ekonomi tertentu tetapi dapat menjangkau kalangan bawah. Masyarakat di sekitar obyek - obyek wisata dapat mendirikan berbagai kegiatan ekonomi misalnya tempat penginapan, layanan jasa (transportasi, informasi), warung dan lain-lain. Kegiatan - kegiatan ini dapat menambah pendapatan masyarakat dan menekannya tingkat pengangguran. Kegiatan ini bertujuan memotivasi dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam mengelola dan memikirkan strategi yang efektif guna meningkatkan eksistensi wisata alam di Desa Karang Nunggal Kecamatan Karang Nunggal Kabupaten Tasikmalaya sebagai upaya pencapaian tujuan besar, yaitu untuk membangun perekonomian desa di Indonesia ataupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia terutama pada masa covid-19 ini. Isu nasional yang menjadi keprihatinan bangsa Indonesia ini juga yang menjadi acuan dalam penyusunan PkM – di desa Karang Nunggal Kabupaten Tasik Jawa Barat. Program yang kami usulkan adalah ”Strategi Marketing Destinasi Wisata Curug Angkrek Pasca Covid-19 di Kp. Cimuncang Desa Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Bentuk dari program ini adalah pengembangan masyarakat dalam memanfaatakn potensi destinasi wisata Curug Angkrek melalui media sosial serta dampak positifnya bagi masyarakat disekitar tempat wisata untuk mampu membuka wirausaha. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta pendampingan bagi masyarakat secara rutin. Program ini mempunyai tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan destinasi Curug Angkrek sebagai tempat wisata pilihan masyarakat sekitar maupun masyarakat luas sehingga bisa menjadi sumber ekonomi baru baik bagi pemerintah desa maupun bagi masyarakat kampung Cimuncang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAL

Publisher

Subject

Description

Merupakan jurnal ilmiah dari hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen. Jurnal ini dikemas secara padat dan berisi, sehingga mudah dipahami oleh pembaca dari kalangan akademis dan umum. Jurnal ini merupakan implementasi hasil penelitian. Abdi Laksana adalah Jurnal Pengabdian Kepada ...