Sora Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 2 (2023): Sora Journal of Mathematics Education

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KONTEKS ETNOMATEMATIKA PULAU-PULAU KECIL PERBATASAN (MALUKU BARAT DAYA)

Lekitoo, John Nandito (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Data dari Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan kemampuan literasi matematika siswa Indonesia yang berada pada peringkat ke 38 dengan skor 379 dari 41 Negara atau peringkat 4 dari bawah. Jika dibandingkan hasil PISA pada tahun 2015 maka kemampuan literasi matematika siswa Indonesia mengalami penurunan pada tahun 2018. Di sisi lain kenyataan terkait pembangunan yang tidak merata di daerah-daerah yang dikategorikan sebagai daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) memperkelam kondisi pembelajaran matematika yang semestinya dapat mengembangkan kemampuan literasi matematika siswa yang seharusnya pembelajaran matematika di daerah tersebut semestinya berorientasi pada budaya-budaya lokal pada daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistic mathematics education (RME) konteks etnomatematika pulau-pulau kecil perbatasan (maluku barat daya). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D dengan sampel uji coba adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lemola. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar uji keterbacaan, lembar observasi, angket respons, dan soal tes awal dan akhir. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui keefektifan perangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikembangkan valid, praktis, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 71%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sora

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Sora Journal of Mathematics Education is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles (only for invited contributors) about mathematics education and its instructional. Start from October 2020, this ...