cover
Contact Name
Michael Inuhan
Contact Email
jmesora@gmail.com
Phone
+6285244724397
Journal Mail Official
jmesora@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika Program Studi Di Luar Kampus Utama, Universitas Pattimura - Kabupaten Maluku Barat Daya Jl. Kampung Babar, Kota Tiakur, MBD Provinsi Maluku - Indonesia
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Sora Journal of Mathematics Education
Published by Universitas Pattimura
ISSN : 27461599     EISSN : 27461602     DOI : https://doi.org/10.30598/sora.3.2.2022
Core Subject : Education,
Sora Journal of Mathematics Education is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles (only for invited contributors) about mathematics education and its instructional. Start from October 2020, this journal publishes two times a year, in May and October. Besides regular writers, for each volume, the contents will be contributed by invited contributors who experts in mathematics education either from Indonesia or abroad
Articles 25 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 AMBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING Robiatul Addawiyah; Wilmintjie Mataheru; Hanisa Tamalene
Sora Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2020): Sora Journal of Mathematics Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika (Kampus Kab. Maluku Barat Daya) Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.068 KB) | DOI: 10.30598/sora.1.1.1-6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi relasi dan fungsi di kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Ambon yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar di setiap siklus dengan presentase ketuntasan siklus I 41,67% dan presentase ketuntasan siklus II 75%. Hasil belajar siswa naik 33,33% dari siklus I ke siklus II.
PENGGUNAANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT Dryna Anastasya Lolowang; Wilmintjie Mataheru; Carolina S Ayal
Sora Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2020): Sora Journal of Mathematics Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika (Kampus Kab. Maluku Barat Daya) Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.865 KB) | DOI: 10.30598/sora.1.1.7-12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 11 Ambon pada materi bilangan bulat menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay-Two Stray (TS-TS). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Ambon dengan jumlah siswa 24 orang.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes akhir setiap siklus.Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 50%.Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay-Two Stray (TS-TS) di kelas VII SMP Negeri 11 Ambon
STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI LINGKARAN Adam Laitupa; Magy Gaspersz; Novalin C Huwaa
Sora Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2020): Sora Journal of Mathematics Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika (Kampus Kab. Maluku Barat Daya) Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.174 KB) | DOI: 10.30598/sora.1.1.13-21

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih di bawah KKM serta proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Guided Discovery dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan tipe penelitian eksperimental (Experimental Research). Dengan desain penelitian yang digunakan adalah post test only control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari tiga kelas dimana satu kelas sebagai kontrol dan kelas lainnya sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 53 siswa. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari nilai post test. Melalui serangkaian uji statistik dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang salah satunya menggunakan uji beda rata-rata atau uji-t. intstrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa tentang lingkaran. Hasil menunjukan bahawa, terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Leihitu yang diajarkan dengan model pembelajaran Guided Discovery dan model pembelajaran konvensional pada materi lingkaran. Dengan bukti rata-rata hasil belajar pada kelas yang diajarkan dengan model Guided Discovery yaitu 70,40316 dan kelas dengan model konvensional yaitu 56,85278
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SALAHUTU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL Chasy M Nusamara; Anderson Leonardo Palinussa; Novalin C Huwaa
Sora Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2020): Sora Journal of Mathematics Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika (Kampus Kab. Maluku Barat Daya) Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.798 KB) | DOI: 10.30598/sora.1.1.22-28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Salahutu dengan menggunakan model Quantum Teaching pada materi integral. Subjek dalm penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS-1 SMA Negeri 2 Salahutu tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 14 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan guru berperan sebagai pengajar dan berlangsung 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II, yakni nilai tes akhir siklus I menunjukan sebanyak 42,86% (6 siswa), yang memperoleh nilai , setelah itu siklus II meningkat menjadi 78,57% (11 siswa). Dilihat hasil dari siklus I ke siklus II maka telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 35,71%. Dengan Demikian model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Salahutu pada materi integral
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE Valentino Lattuserimala; La Moma; Magy Gaspersz
Sora Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2020): Sora Journal of Mathematics Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika (Kampus Kab. Maluku Barat Daya) Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.666 KB) | DOI: 10.30598/sora.1.1.29-33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa SMP Negeri 20 Ambon kelas VII yang di ajarkan dengan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada materi Think Talk Write (TTW). Tipe penelitian yang digunanakan adalah tipe desain Prosttest Only Group Design. Sampel dalam penelitian ini di ambil adalah sampel jenuh atau sampling jenuh atau sampel total. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sisiwa dengan modek pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Hal ini ditunjukan pada hasil perhitungan dengan menggunakan SPPS 20.0 yang diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0.044 lebih keci dari sehingga menyebabkan ditolak dan diterima
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL Yakop D Hommy; Carolina S Ayal; Darma Andreas Ngilawajan
Sora Journal of Mathematics Education Vol 2 No 2 (2021): Sora Journal of Mathematics Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika (Kampus Kab. Maluku Barat Daya) Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.597 KB) | DOI: 10.30598/sora.2.2.42-49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua model pembelajaran untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 15 Ambon yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share(TPS) dan model pembelajaran konvensional pada materi aritmetika sosial. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksperimen (Experimental Research), dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran konvensional.
ENDOMORFISMA PADA SEMIGRUP PERKALIAN DARI MATRIKS ATAS LAPANGAN Lisanatun Kasanah; I Made Sulandra
Sora Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2021): Sora Journal of Mathematics Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika (Kampus Kab. Maluku Barat Daya) Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.137 KB) | DOI: 10.30598/sora.2.1.1-7

Abstract

Misalkan F adalah suatu lapangan, n∈Z dengan n≥3, dan M_n (F) adalah himpunan matriks berukuran n×n atas F. M_n (F) dilengkapi dengan operasi kali (baku) dari matriks membentuk suatu semigrup, yaitu himpunan tidak kosong dengan satu operasi biner yang asosiatif. Suatu pemetaan f:M_n (F)→M_n (F) disebut endomorfisma jika untuk setiap A dan B di M_n (F) berlaku f(AB)=f(A)f(B). Pada artikel ini akan dikaji beberapa pemetaan yang merupakan endomorfisma pada semigrup perkalian dari matriks atas lapangan. Dalam pembuktian endomorfisma semigrup tersebut disusun juga beberapa lemma pendukung beserta pembuktiannya
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIA SMP PGRI KAIWATU PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (Discovery Learning) Darius Kalyau; Wilmintjie Mataheru
Sora Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2021): Sora Journal of Mathematics Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika (Kampus Kab. Maluku Barat Daya) Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.896 KB) | DOI: 10.30598/sora.2.1.8-14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkataan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP PGRI Kaiwatu pada materi teorema Pythagoras dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP PGRI Kaiwatu yang berjumlah 14 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan guru berperan sebagai pengajar dan berlangsung selama 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari sikus I ke siklus II, yang mana nilai akhir siklus menunjukan sebanyak 35,71% (5 orang siswa), yang memperoleh nilai ≥ 70, setelah itu siklus II meningkat menjadi 71,43% (10 orang siswa. Dilihat hasil dari siklus I dan siklus II maka telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian model pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi teorema Pythagoras
RING GOLDIE PRIMA DAN SUATU ORDER DARI SUATU RING HASIL BAGI Novita Dahoklory
Sora Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2021): Sora Journal of Mathematics Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika (Kampus Kab. Maluku Barat Daya) Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.815 KB) | DOI: 10.30598/sora.2.1.15-27

Abstract

Diberikan suatu ring hasil bagi Q. Suatu subring R dalam ring hasil bagi Q disebut sebagai order jika Q merupakan ring hasil bagi dari R oleh himpunan semua elemen reguler di dalam R. Di lain pihak, suatu ring R disebut ring Goldie prima apabila R merupakan ring Goldie kanan dan ring Goldie prima serta ring prima. Dalam penelitian ini akan diberikan beberapa sifat yang berlaku dalam ring Goldie prima. Selanjutnya, dengan menggunakan sifat tersebut, akan diberikan hubungan antara ring Goldie prima dan order dalam suatu ring hasil bagi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika R merupakan ring Goldie prima maka R merupakan order dalam suatu ring Artin sederhana
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING MATERI BARISAN ARITMATIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI KAKAS Valentine Kindangen; Victor Sulangi; I Wayan Damai
Sora Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2021): Sora Journal of Mathematics Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika (Kampus Kab. Maluku Barat Daya) Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.342 KB) | DOI: 10.30598/sora.2.1.28-34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika pada materi Barisan Aritmetika menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Kakas yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Perangkat pembelajaran meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja Peserta Didik dan Evaluasi hasil belajar pada materi Barisan Aritmetika dengan model 4-D yang dimodifikasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (a) pada tahap perancangan perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja Peserta Didik dan Evaluasi hasil belajar. Instrumen Validasi dan lembar pengamatan menggunakan instrument yang telah dikembangkan oleh peneliti melalui beberapa modifikasi. (b) Penelitian ini menggunakan validasi isi dan ujicoba lapangan dengan hasil validasinya menunjukan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja Peserta Didik dinyatakan baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi, sedangkan Evaluasi hasil belajar sudah memuat indikator kriteria penilaian. Hasil ujicoba lapangan menunjukan bahwa beberapa aspek pembelajaran yang tidak efektif, dan revisi dilakukan dengan cara merevisi perangkat pembelajaran untuk dapat menghasilkan perangkat final. sedangkan evaluasi hasil belajar dilihat dari indeks Validitas serta Reliabilitasnya adalah sudah layak dipergunakan dengan tanpa revisi yang berarti

Page 1 of 3 | Total Record : 25