Hatta: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol 2 No 1 (2024): April

Analisis Penggunaan Shoppe Paylater Dalam Perspektif Ekonomi Islam: Studi Kasus Karyawan PT. Shoetown Kasokandel Majalengka

Rahayu, Sinta (Unknown)
Kamaludin, Kamaludin (Unknown)
Susilo, Aa Rendy Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2024

Abstract

Latar belakang: E-commerce telah berkembang pesat beberapa tahun terakhir ini, karena menawarkan berbagai kemudahan serta produk yang menarik perhatian konsumen untuk berbelanja secara online dalam memenuhi kebutuhannya, perkembangan ini juga di ikuti dengan metode pembayaran digital yang sangat bervariasi, salah satunya metode pembayaran yang saat ini popular dan di minati oleh berbagai kalangan masyarakat adalah shoppe paylater. Tujuan: untuk menganalisis penggunaan shoppe paylater pada karyawan PT.Shoetown Kasokandel dalam pandangan ekonomi islam. Metode: penelitian ini dilakukan secara kualititatif dengan wawancara secara intensif dan observasi di lokasi PT.Shoetown Kasokandel, beberapa karyawan diwawancarai dengan kriteria telah menggunakan shoppe paylater tiga tahun terakhir di e-commerce shoppe. Temuan: hasil penelitian menunjukan bahwa shoppe paylater digunakan karyawan untuk : (1) membeli barang yang di ingikan / atau menarik perhatian, (2) memanfaatkan atau tergiur promo dan diskon yang ditawarkan karena lingkungan atau iklan, (3) membeli barang secara kredit hanya untuk meningkatkan gaya hidup, karena batas pinjaman yang diberikan sangat besar bagi karyawan, (4) ketentuan persyaratan pinjaman shoppe paylater sangat mudah tanpa melihat kondisi keuangan. Kesimpulan: penggunaan shoppe paylater terjadi peningkatan konsumsi yang dilakukan karyawan sehingga meningkatkan prilaku konsumtif dikarenakan Shoppe paylater menggunakan sistem beli sekarang bayar nanti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hatta

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Hatta: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, P-ISSN : 3031-7576, E-ISSN : 3031-7568. Jurnal ini bersifat Open Access. Artikel yang diterbitkan dapat diakses oleh semua pihak. Fokus dan Scope Jurnal ini yaitu Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi yang berkaitan. Terbit 2 kali dalam 1 tahun yaitu ...