Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 12 No 1 (2024): Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

PENGARUH VIDIO ANIMASI BERBASIS YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD N 091273 KARANG BANGUN

Siburian, Yesika (Unknown)
Sirait, Esti M. (Unknown)
Purba, Natalina (Unknown)
Thesalonika, Emelda (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui adanya pengaruh video animasi berbasis YouTube terhadap motivasi belajar siswa pada Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Kelas IV SD Negeri 091273 Karang Bangun Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi Penelitian ini sebanyak 226 peserta didik dan dengan sampel sebanyak 24 siswa di kelas IV SD Negeri 091273 Karang Bangun Kabupaten Simalungun. Peneliti melakukan rancangan kuesioner dengan menggunakan metode kuantitatif. . Instrumen yang digunakan adalah tes berupa kuesioner skala likert, dengan taraf nilai signifikan untuk variabel (x) secara simultan terhadap variabel (y) adalah sebesar 0,00 < 0,05 dan hasil analisis dari regreasi linear sederhana yaitu nilai 4,696600669 > 4.26. Maka dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis YouTube berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Kelas IV SD Negeri 091273 Karang Bangun Kabupaten Simalungun

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...