Kepuasan konsumen dapat menjadi strategi untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen antara lain dengan menyediakan bukti fisik dan meningkatkan kualitas pelayanan. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bukti fisik dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Kusuma Agrowisata Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner terhadap 80 responden dengan kriteria pengunjung Kusuma Agrowisata Batu yang sudah berkunjung minimal 2 kali. Analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa secara parsial variabel bukti fisik (X1) dan variabel kualitas pelayanan (X2) kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisis secara simultan juga menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti variabel bukti fisik (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara bersama sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Dari hasil penelitian ini diharapkan manajemen Kusuma Agrowisata dapat menjaga serta meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan serta juga memperhatikan kualitas dari fasilitas yang diberikan, sehingga akan dapat menciptakan kepuasan konsumen yang berkunjung. Kata Kunci : Bukti Fisik ; Kualitas Pelayanan ; Kepuasan Konsumen ; Kusuma Agrowisata Batu.
Copyrights © 2024