Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 8 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT SONG JOONG-KI DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION GENERASI Z PRODUK SCARLETT WHITENING (STUDI PADA MAHASISWA UNISKA FAKULTAS EKONOMI PRODI MANAJEMEN ANGKATAN TAHUN 2020)

Rizafaradilla (Unknown)
Nur Hidayati (Unknown)
Nurali Agus Najibul Zamzam (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2024

Abstract

This research aims to test and explain the influence of Song Joong-Ki's celebrity endorsement and electronic word of mouth on the purchase intention of the Generation Z Scarlett Whitening product (study of Uniska Faculty of Economics Management Study Program students class of 2020) partially and simultaneously. This research uses quantitative methods and the population studied is all consumers who are interested in purchasing Scarlett whitening products within the 1 month research period. The number of samples taken was 80 respondents, and the sampling method used purposive sampling. Data was collected through questionnaires, while analysis techniques used validity tests, realism tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis, R2 determinant tests, t tests, and f tests. The research results show that (1) Song Joong-Ki's endorsement partially has a significant effect on purchase intention with a sig value. 0.000 < 0.05, (2) partial electronic word of mouth has no significant effect on purchase intention with a sig value. 0.247 > from 0.05 (3) Celebrity endorsement Song Joong-Ki and electronic word of mouth simultaneously have a significant effect on purchase intention with a sig value. F 0.000 < 0.05. Generation Z's purchase intention for Scarlett Whitening products is influenced (study of Uniska Faculty of Economics Management Study Program students class of 2020) by these two variables by 45.3% while the remaining 54.7% is influenced by other factors outside this research. Keywords : celebrity endorsement, electronic word of mouth, purchase intention   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh celebrity endorsement song joong-ki dan electronic word of mouth terhadap purchase intention generasi z produk scarlett whitening (studi pada mahasiswa uniska fakultas ekonomi prodi manajemen angkatan tahun 2020) secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan populasi yang diteliti adalah seluruh konsumen yang berminat melakukan pembelian produk scarlett whitening dalam periode 1 bulan penelitian. Jumlah sampel yang diambil adalah 80 responden, dan metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan teknik analisis menggunakan uji validitas, uji realiblitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda uji determinan R2, uji t, dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) endorsement song joong-ki secara parsial berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dengan nilai sig. 0,000 < dari 0,05, (2) electronic word of mouth secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dengan nilai sig. 0,247 > dari 0,05 (3) celebrity endorsement song joong-ki dan electronic word of mouth secara simultan berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dengan nilai sig. F 0.000 < 0,05. Purchase intention generasi z produk scarlett whitening dipengaruhi (studi pada mahasiswa uniska fakultas ekonomi prodi manajemen angkatan tahun 2020) oleh kedua variabel ini sebesar 45,3 % sedangkan sisanya 54,7 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kata Kunci : celebrity endorsement, electronic word of mouth, purchase intention

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...