Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022

Penerapan Konseling Rational Emotif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Matematika Di SMK Negeri 4 Gowa

Burhanuddin, Burhanuddin (Unknown)
Hadis, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika dan perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan konseling rational emotif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Listrik dan Jurusan Bangunan sebanyak 30 responden. Prosedur penelitian ini adalah berupa wawancara konseling, observasi, dan analisis dokumen yang berasal dari konselor berupa pengamatan terhadap partisipasi dan kebiasaan dalam belajar. Instrumen penelitian yang dilakukan berupa bahan perlakuan dengan memberikan pre-test dan post-test dengan pemberian angket/kuesioner. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Gowa umumnya rendah (kategori rendah 21 responden dan agak rendah 9 responden). Namun, setelah diadakan konseling rational emotif menunjukkan peningkatan yang tinggi (kategori tinggi 20 responden, agak rendah 7 responden, dan rendah 3 responden) terhadap motivasi belajar siswa dan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran matematika sebelum dan sesudah penerapan konseling rational emotif di SMK Negeri 4 Gowa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jepkm

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (JEPKM) merupakan jurnal ilmiah yang mencakup pendidikan/ edukasi, pelatihan, kegiatan layanan atau pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan menyebarkan pemikiran konseptual dan ide-ide yang telah dicapai di bidang layanan dan pengabdian kepada ...