Indonesian Journal of Health Science
Vol 4 No 3 (2024)

Analisis Mutu Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Islam Malahayati Terhadap Pasien Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Shifah Sagala, Rizqa Auliyah (Unknown)
Vanda, Medina Elly (Unknown)
Gurning, Fitriani Pramita (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Rumah Sakit memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat sebagai penyedia layanan kesehatan. Saat mengevaluasi kualitas layanan rumah sakit, kebahagiaan pasien menjadi pertimbangan utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan pasien BPJS rawat inap di Rumah Sakit Islam Malahayati. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner dan wawancara kepada keluarga pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan rawat inap yang diberikan oleh Rumah Sakit Islam Malahayati kepada pasien BPJS dinilai baik oleh kerabat pasien. Mayoritas responden menyatakan kepuasan terhadap perlakuan dan interaksi dengan staf medis. Survei dan wawancara dengan pasien juga mengungkapkan bahwa mereka merasakan dukungan dan penghargaan selama menjalani perawatan, mencerminkan kualitas layanan yang diberikan. Temuan ini memberikan gambaran positif tentang pengalaman pasien BPJS dalam mendapatkan perawatan di rumah sakit tersebut. Evaluasi terhadap kebahagiaan pasien menjadi fokus utama dalam menilai kualitas layanan rumah sakit. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Islam Malahayati dan memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang pengalaman pasien BPJS dalam sistem kesehatan yang terjangkau.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijhs

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Indonesian Journal of Health Science is a place for disseminating research results in the field of health, including, but not limited to topics of public health, environmental health, occupational health, pharmacy, nutrition, epidemiology, medical laboratories, physiotherapy, or other general ...