Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi
Vol 1, No 1 (2016): Agustus 2016

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 5 Banda Aceh

Wulan Mauliza (Unknown)
. Muhibbuddin (Unknown)
M D Asiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2016

Abstract

Salah satu alternatif yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar mengajar adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini berupaya mengembangkan partisipasi peserta didik dalam interaksi belajar mengajar khusunya mata pelajaran Biologi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends terhadap hasil belajar pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan model Quasy experiment. Pengumpulan data telah dilaksanakan pada tanggal 2 sampai dengan 16 Februari 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes soal berbentuk pilihan ganda pada materi sistem pernapasan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends yang di ajarkan pada materi sistem pernapasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA SMA Negeri 5 Banda Aceh.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pendidikan-biologi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi (JIMPBIO) terbit emapat kali setahun pada bulan Pebruari, Mei, Agustus dan Nopember, berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan biologi dan ilmu ...