Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 1, No 3 (2016): Agustus

MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI SENTRA BAHAN ALAM PADA TK BUNGA MEKAR KECAMATAN SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR

Winda Sari (Prodi PG-PAUD FKIP)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Kemandirian Anak di Sentra Bahan Alam pada TK Bunga Mekar Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar” mengangkat masalah bagaimana meningkatkan kemandirian anak di sentra bahan alam pada TK Bunga Mekar Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian anak di sentra bahan alam pada TK Bunga Mekar Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua (2) siklus. Pada setiap siklus dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini berusia 5-6 tahun yang belum mandiri pada kelompok B TK Bunga Mekar berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 5 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja serta rubrik. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan diolah menggunakan rumus persentase. Penelitian ini memfokuskan pada kemandirian anak sehingga anak memiliki keberanian dan rasa percaya diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak pada siklus I yang berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) adalah sebanyak 6 orang anak (60%). Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu anak yang berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 8 orang anak (80%). Respon anak pada siklus I yang berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 5 orang anak (50%) dan pada siklus II yaitu anak yang berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 8 orang anak (80%), dengan meningkatnya kemandirian pada siklus I hingga siklus II dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran di sentra bahan alam dapat meningkatkan kemandirian anak. Disarankan pada pendidik dapat menggunakan kegiatan pembelajaran sentra bahan alam untuk dapat meningkatkan kemandirian anak karena dengan kegiatan sentra bahan alam anak dapat bereksplorasi dengan alam sehingga anak menjadi berani, percaya diri, bertanggung jawab dan mandiri.

Copyrights © 2016